JepretPotret
JepretPotret

Facebook-Twitter-Instagram=>@JepretPotret Mail=>JepretPotret.ID@gmail.com Youtube=>JepretPotret.ID

Selanjutnya

Tutup

Otomotif highlight

Memang Tiada Duanya Hingga Kini, Tiada Henti Terus Berinovasi

11 Agustus 2017   21:18 Diperbarui: 11 Agustus 2017   22:04 2871 2 0
Memang Tiada Duanya Hingga Kini, Tiada Henti Terus Berinovasi
Foto: JepretPotret via Museum Astra

Bulan Juni 1977, tampak seperti foto di atas, Presiden Soeharto tengah berada dalam peluncuran Toyota Kijang. Pak Harto dikawal sang ajudan Try Soetrisno, sedang duduk di belakang stir sambil mendengarkan penjelasan pejabat Toyota Astra Motor. Toyota Kijang hadir dengan desain yang sederhana sebagai unit kendaraan berstandar dasar (basic unit vehicle). Dikenal memiliki fungsi angkutan barang komersial, hingga di tahun 1981 muncul generasi kedua Toyota Kijang yang memiliki fungsi serbaguna sebagai kendaraan berjenis MPV. Wow, kini generasi keenam Toyota Kijang yang dikenal sebagai All New Kijang Innova, mampu bertahan dan berkembang hingga mencapai total penjualan 1.772.308 unit per Juni 2017.

Perjalanan 40 tahun Toyota KiJang, dapat kita saksikan melalui Kijang 40's Anniversary Corner. Wah ada dimana ya? Tentunya dalam ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, yang berlangsung di ICE BSDCity Tangerang Selatan pada tanggal 10-20 Agustus.

Sejarah Kijang merupakan salah satu bukti komitmen Toyota untuk berkembang bersama pelanggan serta para pelaku industri otomotif lainnya. Yoshihiro Nakata (Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor) dalam pembukaan GIIAS 2017 di booth Toyota, menegaskan bahwa komitmen Toyota untuk menghadirkan kendaraan terbaik bagi pelanggan, sekaligus mendorong lebih dinamis perkembangan industri otomotif nasional.

Angka penjualan Toyota dalam tujuh bulan pertama tahun 2017 ini tercatat 226.906 unit, tumbuh 14% dibandingkan tahun 2016. Padahal pada semester pertama tahun 2016, penjualan pasar otomotif secara nasional sejumlah 532.127 unit. Ini berarti hanya tumbuh 0,3% yang mana pada semester pertama 2017 mencatatkan penjualan 533.903 unit.

Dalam semangat Let's Go Beyond, capaian ini tak terlepas dari dukungan penuh para pelanggan, diler hingga value chain. Semangat Endless Possibilities for a Better Future yang merupakan bagian semangat Let's Go Beyond, menjadi semangat Toyota dalam menghadirkan produk, teknologi dan layanan pelanggan melalui pilar Beyond Product, Beyond Technology dan Beyond Service.

Semangat Beyond Product hadir dalam GIIAS 2017, yang diwakili oleh jajaran kendaraan terbaru seperti All New Voxy, New Fortuner TRD, New Innova, Sienta Limited, Avanza Limited, dan New Hiace Luxury. Yoshihiro Nakata kemudian memperkenalkan Toyota Voxy, Toyota Fortuner TRD dan C-HR Hybrid kepada tamu undangan. Selain jajaran direksi Toyota Astra Motor (TAM), turut pula hadir Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto beserta jajarannya.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (ketiga dari kiri) mendampingi Direksi PT Toyota Astra Motor) [Foto:JepretPotret]
Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (ketiga dari kiri) mendampingi Direksi PT Toyota Astra Motor) [Foto:JepretPotret]

Ada empat zona jajaran Beyond Product yang disesuaikan karakter produk seperti Modern Family Zone (Innova, Avanza, Veloz, Sienta, Hiace Luxury), Adventure Zone (Venturer, Fortuner, Hilux, Rush, Yaris Heykers), Active Zone (Vios, Yaris TRD, Agya TRD, Corolla Altis, Toyota 86), Modern Executive Zone (All New Voxy, Camry Hybrid, Alphard Hybrid).

Semangat Beyond Technology dapat dinikmati oleh pengunjung booth Toyota, seperti perkembangan teknologi hybrid (Toyota Hybrid System), teknologi keselamatan pencegah kecelakaan dan mengeliminir dampak kecelakaan (Toyota Safety Sense), teknologi mesin seperti Dual VVTi Agya & Sienta serta GD Engine. Sementara itu Total Ownership Experience akan menghadirkan kenyamanan layanan prima bagi pelanggan Toyota secara menyeluruh hingga layanan purna jual.

C-HR Hybrid, Fortuner TRD dan Voxy di GIIAS2017 [Foto:JepretPotret]
C-HR Hybrid, Fortuner TRD dan Voxy di GIIAS2017 [Foto:JepretPotret]

Sebagai Insan Astra, semangat tiga pilar Lets's Go Beyond dari TAM (produk, teknologi, layanan) dapat dikolaborasikan secara berkelanjutan dengan konsisten. TAM telah membentuk ekosistem yang saling bersinergi diantara ketiga pilarnya dalam jangka panjang serta dapat lentur untuk beradaptasi dalam menghadapi situasi perekonomian apapun.

Hal ini sejalan dengan poin kedua dan keempat filosofi Catur Dharma Astra, yaitu Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan dan Senantiasa Berusaha Mencapai yang Terbaik. Maka kepuasan pelanggan yang didapat dari profesionalisme insan TAM, dapat menjadi rekomendasi kuat dari mulut ke mulut, dibandingkan rekomendasi media massa untuk membuat keputusan membeli produk tertentu. TAM mampu menjawab rasa dahaga akan kebutuhan kendaraan yang praktis dan efisien.

Ini dapat dibuktikan hingga generasi All New Toyota Kijang Innova, plus generasi Toyota Avanza-Veloz yang telah menjadi kendaraan jutaan umat otomotif. Kini ada yang sangat berambisi untuk mencoba menggoyang Avanza-Veloz (plus saudara kembarnya Xenia) dari tahta penguasa MPV tradisional. Mungkinkah?