Mohon tunggu...
Jeniffer Gracellia
Jeniffer Gracellia Mohon Tunggu... A lifelong learner

Menulis dari Kota Khatulistiwa

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Mengenal 4 Bahan Skincare dari Tanaman yang Sedang Tren

22 Mei 2021   16:26 Diperbarui: 25 Mei 2021   20:20 371 34 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal 4 Bahan Skincare dari Tanaman yang Sedang Tren
Tren produk skincare yang berbahan dasar dari tumbuhan | Foto diambil dari Shutterstock via Kompas

Setiap tahunnya tren skincare teruslah berubah. Berbagai inovasi pun ditemukan untuk menemukan bahan terbaik yang memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Beberapa permasalahan kulit yang banyak dialami oleh perempuan Indonesia antara lain adalah kulit kusam, pori-pori besar, jerawat, penuaan, dan juga komedo.

Pada tahun 2020, Zap Clinic merilis survei dengan judul “ZAP Beauty Index 2020”. 

Survei ini menemukan bahwa 82,5% dari 6.250 responden beranggapan bahwa ‘cantik’ berarti memiliki kulit cerah dan glowing.

Jika berbicara mengenai skincare, negara yang menjadi kiblat inovasi skincare tentulah Korea Selatan. Survei dari Zap Clinic menemukan bahwa 57,6% perempuan Indonesia tertarik dan menggunakan produk dari Korea Selatan, kemudian diikuti dengan Indonesia (37,5%) dan Jepang (22,7%).

Menjawab permintaan perempuan Indonesia, beberapa tahun terakhir ini berbagai merek skincare dari dalam negeri memang terus menjamur. Dengan manfaat yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah, skincare lokal memang jadi andalan banyak perempuan.

Misalnya penulis, sudah sekitar satu tahun saya mencoba produk skincare lokal. Sekarang, 6 dari 11 produk yang saya pakai setiap hari adalah produk lokal. Sisanya adalah produk dari Jepang dan Korea Selatan.

Tidak dapat dipungkiri Korea Selatan terus menjadi pencetus berbagai tren skincare di dunia. Selain mencetus tren menggunakan skincare, dimana salah satunya adalah teknik layering yang memupuk beberapa produk skincare sekaligus, Korea Selatan juga banyak memopulerkan bahan skincare dari tanaman.

Terdapat 4 tanaman yang akhir-akhir ini sedang tren, dipercaya sebagai jawaban dari berbagai permasalahan kulit perempuan.

Centella asiatica | Foto diambil dari Fixabay via Kompas
Centella asiatica | Foto diambil dari Fixabay via Kompas

1. Centella asiatica

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x