Mohon tunggu...
Bude Binda
Bude Binda Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Langkah kecil kita mengubah dunia. Berpuisi di Http://jendelakatatiti.wordpress.com.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menanamkan Kebiasan Baik Pada Balita

21 Desember 2011   04:52 Diperbarui: 25 Juni 2015   21:57 316 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanamkan Kebiasan Baik Pada Balita
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Oleh Bude Binda

"Mbah  Hirun laptope badhe dasto kantor?" (Mbah Hirun laptopnya mau di bawa ke kantor). Tanya Nadhif pada  Paman  Hirun yang dipanggilnya Mbah. Kalimat itu diiyakan Mbahnya. Nadhif dan adiknya Nashif berbicara bahasa Jawa krama  atau halus. Kami melatihnya demikian. Kalau bercakap dengan mereka kami bicara krama, walau sehari-hari pakai basa ngoko atau tataran rendah dalam berbahasa Jawa.

Kalau makan jajan bungkusnya mereka buang ke tempat sampah. Itu kebiasaan yang kami tanamkan pada mereka. Demikian juga memakai sandal atau baju tangan dan kaki kanan dulu, melepas sandal atau baju kaki dan tangan kiri dulu.

Kebiasaan yang tampak remeh itu akan berperan besar dalam pembentukan watak mereka. Saya ingat kata Pak Cipto Margono guru bahasa Inggris saya SMP, kebiasaan akan membentuk watak. Bukankah orang dewasa saat ini punya kebiasaan buruk yang menyebabkan Indonesia belum jadi negara maju? Kebiasaan membuang sampah sembarangan, tidak bisa antri dengan tertib, ugal-ugalan di jalan raya. Kebiasaan buruk itu telah menjadi watak mereka, dan watak yang dilakukan bersama-sama tanpa sadar telah menjadi budaya yang buruk. Termasuk korupsi.

Kembali kepada pendidikan sederhana pada anak-anak usia 0-5 tahun. Konon kata para ahli di usia inilah watak terbentuk. Peran ibu, pengasuh, ayah dan keluarga menjadi penting. Orang dewasa yang ada di sekeliling Balita ini sudah semestinya memberi contoh kebiasaan baik. Ucapan mau pun tindakan yang baik akan terekam dalam memori mereka. Bahkan mereka akan segera menirunya. Sebaliknya tindakan dan ucapan buruk juga akan ditiru.

Kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat kita biasakan pada anak-anak sejak dini di bawah ini.

1. Membuang sampah di tempat sampah.

2. Pipis dan buang hajat di  WC dan segera dibersihkan.

3. Mengenakan sandal sepatu kaki kanan dulu, melepas kaki kiri dulu.

4. Memakai baju dan celana tangan dan kaki kanan dulu, melepas tangan dan kaki kiri.

5. Mengucapkan terima kasih jika diberi sesuatu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x