Jeff Rekando Lubis
Jeff Rekando Lubis Kantor Hukum

Law Abiding Citizen...

Selanjutnya

Tutup

Travel

Misool, Raja Ampat Bagian Selatan, 98% Penduduknya Muslim

9 November 2018   11:12 Diperbarui: 11 November 2018   19:07 131 0 0

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Misool, satu dari empat pulau yang luar biasa indah di Raja Ampat. Pulau ini sudah tersohor sampai ke mancanegara karena keindahan biota lautnya. Tapi taukah anda keseharian dan kondisi masyarakat?. Misool memiliki 8.000 orang penduduk yang terseber di 4 pulau dan bisa dipastikan 98% beragama muslim karena muslim di wilayah Misool sudah ada sejak abad XVI saat kekuasaan Kesultanan Tidore.


Fafanlap, Yelu, Usaha Jaya dan Harapan Jaya, itulah nama empat pulau yang terdapat di Misool. Pulau yang paling tua dan paling banyak penghuninya adalah pulau Fafanlap, pulau ini dihuni oleh 3.000 orang yang memiliki kurang lebih 210 unit rumah, dengan luas tidak sampai 1 hektar. 

Pulau ini memiliki satu lapangan sepakbola mini, satu Sekolah Dasar (SD), Satu Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan satu Sekolah Menengah Atas (SMA). Pulau ini merupakan fokus pembangunan oleh pemerintah, membangun rumah di daerah ini dibiayai oleh pemerintah dan dibantu oleh para Universitas yang mengirimkan mahasiswa praktiknya. Di Pulau ini jangan berharap ada rumah ibadah agama lain, karena penulis sudah meneliti pintu demi pintu.

Yelu, Usaha Jaya dan Harapan Jaya merupakan pulau hasil pemekaran dari pulau Fafanlap. Sama seperti Fafanlap, ketiga pulau ini menggantungkan perekonomian daerahnya kepada laut dan wisatawan. Di sini tidak ada petani, sawah dan ladang, yang ada hanya laut dan laut.