oleh: Jayalin Ali
Dewasa ini, media sosial menjadi transportasi yang efisien dalam pemenuhan seluruh kebutuhan manusia. Bahkan hingga saat ini, peran sosial media menjadi hal fundamental bagi setiap orang dalam melakukan interaksi dan lainnya. Salah satu dari puluhan fungsi sosial media, di antaranya pelaksanaan branding sebuah produk.
Branding merupakan sebuah proses pengenalan sebuah produk terhadap masyarakat. Branding sendiri memiliki fungsi untuk membentuk perspektif positif masyarakat serta membangun kepercayaan kepada brand sebuah produk tertentu. Branding inilah yang menjadi peran penting dalam keberhasilan sebuah penjualan.
Dalam hal ini, optimalisasi fungsi sosial media khususnya dalam melakukan branding kewirausahaan. Konteks ini lebih ditekankan kepada usaha produksi kaos sablon yang dirintis oleh masyarakat Desa Banyuputih Kecamatan yang terletak di Kabupaten Situbondo.
Branding yang dilaksanakan memiki beberapa tahap. Di antaranya pembuatan akun Instagram dengan memodifikasi akun serta informasi-informasi yang positif dan membangun persepsi masyarakat. Selain itu, pembuatan akun sosial media lainnya seperti Facebook, hingga website khusus brand kaos tersebut. Branding-branding lainnya, setelah berselang beberapa waktu, akan disusul dengan endorsemen seleb-seleb sosial media untuk memperkenalkan produk kaos ini. Dengan hal tersebut, tentu akan meningkatkan informasi masyarakat terhadap brand produk kaos ini.
oleh: Jayalin Ali
Kelompok 69
KKN UNEJ BTV3