Mohon tunggu...
Jayalin Ali
Jayalin Ali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ali14

Jay_ali14

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengoptimalkan Fungsi Sosial Media untuk Branding sebuah Produk Kaos

28 Agustus 2021   19:38 Diperbarui: 28 Agustus 2021   19:52 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

oleh: Jayalin Ali

Dewasa ini, media sosial menjadi transportasi yang efisien dalam pemenuhan seluruh kebutuhan manusia. Bahkan hingga saat ini, peran sosial media menjadi hal fundamental bagi setiap orang dalam melakukan interaksi dan lainnya. Salah satu dari puluhan fungsi sosial media, di antaranya pelaksanaan branding sebuah produk.

Branding merupakan sebuah proses pengenalan sebuah produk terhadap masyarakat. Branding sendiri memiliki fungsi untuk membentuk perspektif positif masyarakat serta membangun kepercayaan kepada brand sebuah produk tertentu. Branding inilah yang menjadi peran penting dalam keberhasilan sebuah penjualan.

Dalam hal ini, optimalisasi fungsi sosial media khususnya dalam melakukan branding kewirausahaan. Konteks ini lebih ditekankan kepada usaha produksi kaos sablon yang dirintis oleh masyarakat Desa Banyuputih Kecamatan yang terletak di Kabupaten Situbondo.

Branding yang dilaksanakan memiki beberapa tahap. Di antaranya pembuatan akun Instagram dengan memodifikasi akun serta informasi-informasi yang positif dan membangun persepsi masyarakat. Selain itu, pembuatan akun sosial media lainnya seperti Facebook, hingga website khusus brand kaos tersebut. Branding-branding lainnya, setelah berselang beberapa waktu, akan disusul dengan endorsemen seleb-seleb sosial media untuk memperkenalkan produk kaos ini. Dengan hal tersebut, tentu akan meningkatkan informasi masyarakat terhadap brand produk kaos ini.

oleh: Jayalin Ali

Kelompok 69

KKN UNEJ BTV3

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun