Mohon tunggu...
JASMINE AMANDA
JASMINE AMANDA Mohon Tunggu... future teacher

Mahasiswi S1 Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Sosialisasi Pemasaran di Era Digital Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang

19 Desember 2020   23:14 Diperbarui: 28 Desember 2020   22:40 156 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Pemasaran di Era Digital Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang
Tim KKN UM 2020 Desa Srigading bersama Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Srigading (dokpri)

Perkembangan jaman yang begitu pesat serta teknologi yang semakin canggih mengharuskan kita untuk selalu upgrade diri agar tak ketinggalan jaman. Kemudahan akses internet menjadi jalan untuk masuknya teknologi digital disemua aspek kehidupan. Tak terkecuali pada sektor perdagangan, dewasa ini penggunaan internet pada sektor perdagangan sudah semakin meningkat pesat.

Persaingan bisnis menjadi semakin ketat, untuk itu diperlukan inovasi-inovasi untuk bisa menarik minat dari para konsumen. Tidak cukup hanya dengan mengandalkan kualitas produk, desain produk juga perlu diperhatikan. Tidak cukup untuk mengolah satu produk saja, alternatif olahan produk lain perlu untuk dikembangkan.

Untuk itu, KKN Sinambung UM Desa Srigading 2020 berinisiatif membuat acara Sosialisasi Pemasaran di Era Digital, sebagai pelaksanaan dari program kerja Tim UMKM KKN Desa Srigading. Kegiatan sosisalisasi ini dilaksanakan di Balai Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang pada tanggal 28 November 2020.

Program kerja dari KKN UM Desa Srigading 2020 ini dilaksanakan secara tatap muka dengan membagikan materi secara langsung dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan kepada warga Desa Srigading khususnya kepada KWT (Kelompok Wanita Tani) yang juga hadir dalam acara sosialisasi ini.

Kegiatan ini memiliki 4 materi yang dibahas selama 3 jam penuh. Untuk materi yang pertama yaitu menjelaskan betapa penting suatu logo dalam suatu produk sehingga masyarakat dapat mengenali kualitas produk hanya dari logo.

Selain itu, juga memberikan solusi akan branding dan packaging produk kopi Srigading yang masih sangat sederhana sehingga diharapkan dengan solusi yang diberikan dapat menarik minat pembeli. “Karena merk dan kemasan dari produk itu yang pertama dilihat oleh calon para pembeli, seperti first impression pembeli terhadap produk yang akan dibelinya” tutur Zacharia, salah satu pemateri.

Penyampaian materi 1 dan 2 oleh Zacharia (dokpri)
Penyampaian materi 1 dan 2 oleh Zacharia (dokpri)

Untuk materi kedua yaitu tentang alternatif pengolahan kopi selain untuk minuman. Mengingat salah satu keunggulan dari kopi srigading yaitu terdapat pada aromanya yang lebih wangi, maka pengharum ruangan bisa menjadi alternatif produk pengolahan kopi. 

Selain itu, pengharum ruangan dari kopi ini juga dapat memberikan lebih banyak keuntungan, karena dilihat dari proses pengolahannya yang relatif mudah dan sederhana, sehingga biaya produksi yang dikeluarkan akan lebih kecil.

Materi ketiga yaitu tentang pemasaran online yang menggunakan baik E-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, maupun aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Karena di era digital sekarang sudah jamannya memanfaatkan internet di berbagai sektor kehidupan, termasuk perdagangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x