Mohon tunggu...
Jasmine Afridanti
Jasmine Afridanti Mohon Tunggu... -

A Communications student who loves reading books and passionate in learning new things.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Guna Meningkatkan Perekonomian Indonesia, Mahasiswa President University Ajak UMKM Melek Internet

3 Januari 2021   15:05 Diperbarui: 3 Januari 2021   15:11 78 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guna Meningkatkan Perekonomian Indonesia, Mahasiswa President University Ajak UMKM Melek Internet
Webinar Tredisphere (19/12/20)

Cikarang -- Pandemi COVID-19 membuat perekonomian Indonesia berada di ujung tanduk. Dampak ini paling dirasakan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mempekerjakan 97% dari total tenaga kerja Indonesia. Berdasarkan survei Katadata, UMKM Indonesia menyumbangkan hingga Rp 8.573,9 triliun ke PDB Indonesia dan membuatnya menjadi jantung perekonomian nasional.

Salah satu cara yang paling efektif untuk menyelamatkan UMKM di masa pandemi adalah dengan go digital. Untuk mendukung hal tersebut, sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi President University bernama Tredisphere mengadakan campaign melalui media sosial dan webinar sebagai puncak acaranya.

Dengan mengusung tema "Strategi Komunikasi Digital: Senjata bagi UMKM untuk Bertahan di Masa Pandemi", Tredisphere sukses memberikan edukasi mengenai Brand Awareness dan Brand Equity yang menjadi kunci dalam penjualan digital. HIPMI Perguruan Tinggi Semarang, HIPMI Perguruan Tinggi Unisbank, Komunitas Pejuang Online, dan Seminar Hunters juga turut mensukseskan acara ini.

Menurut Hafieluddin Wakhid, founder Oninfluencer yang juga menjadi narasumber webinar, mengungkapkan bahwa Brand Awareness sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan secara online karena ada banyak keuntungan yang bisa didapat. "Brand Awareness itu penting karena akan menentukan perilaku konsumen saat mengambil keputusan dalam pembelian suatu produk," jelas Hafiel.

Brand Awareness dapat dibangun dan dikembangkan melalui konten-konten di media sosial. Selain itu, penting juga bagi para pengusaha untuk memperhatikan logo, strategi pemasaran, dan target pasar agar branding dapat berhasil. 

Di sisi lain, Filbert, Co-Founder Komunitas Pejuang Online, mengatakan bahwa Brand Equity tidak kalah penting dengan Brand Awareness. Brand Equity diperlukan untuk membantu para pengusaha dalam meningkatkan loyalitas dan nilai dari konsumen terhadap usahanya.

"Loyalitas menjadi sebuah aset untuk meningkatkan penjualan," ujar Filbert. Tidak hanya itu, FIlbert juga membagikan strategi-strategi apa saja yang pelaku UMKM dapat lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Mengingat betapa pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia, sangatlah penting bagi para pelaku UMKM untuk bergerak ke ranah digital. Agar dapat bertahan di situasi seperti ini, strategi dan ide kreatif juga diperlukan untuk mengembangkan usaha dan mempercepat laju perekonomian Indonesia.

###

Tentang Tredisphere

Tredisphere adalah rangkaian kampanye yang diselenggarakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi President University. Tredisphere merupakan singkatan dari Entrepreneur, Digital, dan Atmosphere.

Melalui kampanye ini, Tredisphere berpartisipasi dalam program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu Sustainable Development Goals (SDG), khususnya nomor 8, "Mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x