Mohon tunggu...
Jasa Nova
Jasa Nova Mohon Tunggu... Novelis - Menulis untuk kebadian

Menulislah maka kamu akan dikenang dengan abadi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Fitur Inilah yang Harus Ada pada Saat Anda Merancang Aplikasi Berbasis Mobile

10 April 2020   21:13 Diperbarui: 18 Mei 2020   19:29 2393 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
www.serviceonemarketing.com

Semua pengguna smartphone pasti sudah tidak asing dengan keberadaan aplikasi di dalam ponsel, sebelum menjadi aplikasi yang siap digunakan, dibutuhkan perancangan aplikasi berbasis mobile. Aplikasi mobile yang mudah digunakan, akan sangat mempermudah pengguna smartphone dalam mengakses segala hal, mulai dari informasi, dokumen, foto dan video, bahkan untuk memesan beragam produk dan jasa. Meski sangat berguna, tapi untuk bisa digunakan secara optimal dan nyaman, sebuah aplikasi berbasis mobile seharusnya wajib memiliki fitur berikut.

Setting
Setting merupakan sebuah fitur basic yang harus tersedia dalam setiap perancangan aplikasi berbasis mobile. Fitur setting berguna untuk mengubah hal-hal dasar aplikasi seperti warna, ukuran font, serta kemunculan notifikasi yang bisa diatur seperti kemauan pengguna. Aplikasi yang tidak dalam keadaan default serta dapat diatur secara fleksibel pastinya akan meningkatkan kenyamanan pengguna.

Simplicity
Keberadaan beragam fitur di dalam aplikasi memang bisa memudahkan pengguna, tapi jika jumlah fitur yang tersedia terlalu banyak, itu justru bisa membuat performa ponsel menurun dan menurunkan minat pengguna dalam menggunakan aplikasi. Jadi, sebelum pengembang aplikasi menyematkan sebuah fitur, sebaiknya dipikirkan kembali apakah fitur tersebut sesuai dengan keinginan pengguna yang kebanyakan menyukai sistem simplicity atau tidak.

Social Media Login
Agar memudahkan setiap pengguna untuk bisa login ke dalam aplikasi, sebaiknya pada aplikasi tersebut tersedia fitur login system yang terintegrasi dengan berbagai platform sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Google. Ini akan sangat memudahkan pengguna karena mereka tidak perlu repot memasukkan data pribadi seperti alamat email atau nomor telepon setiap ingin login ke dalam aplikasi.

Offline Capabilities
Akan sangat menyusahkan pengguna jika sebuah aplikasi mobile hanya bisa berfungsi ketika terdapat jaringan internet, atau lebih parahnya jika aplikasi itu hanya bisa beroperasi secara optimal saat berada pada koneksi internet yang kuat. Sebuah aplikasi akan sangat dicintai oleh pengguna jika memiliki fitur offline capabilities yang memungkinkan pengguna tetap bisa mengoperasikan aplikasi saat dalam keadaan offline.

Gamification
Meski bukan merupakan fungsi utama, tapi sebuah aplikasi bisa menjadi sangat menyenangkan jika memiliki fitur gamification di dalamnya. Fitur gamification adalah sebuah fitur interaktif yang memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan permainan di luar fungsi utama aplikasi. Misalnya saja, fitur game mengumpulkan poin pada aplikasi belanja online.

Feedback
Fitur feedback akan menjadi sangat berguna, terutama apabila diterapkan ke dalam sebuah aplikasi bisnis jasa. Misalnya saja, jika suatu bisnis layanan jasa sudah menggunakan aplikasi mobile, maka baik pelanggan ataupun perusahaan akan sama-sama diuntungkan berkat kecepatan transaksi yang ditawarkan. Pelanggan bisa memesan berbagai jasa seperti layanan cleaning service panggilan atau jasa salon mobil hanya dengan sekali klik. Ditambah dengan keberadaan fitur feedback, maka pelanggan bisa memberikan kritik, saran maupun keluhan terkait dengan kualitas layanan yang dipesan maupun performa aplikasi secara real time. Fitur feedback yang disematkan dalam perancangan aplikasi berbasis mobile juga akan mempermudah developer aplikasi dalam menemukan hal yang perlu dibenahi guna meningkatkan performa aplikasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan