Mohon tunggu...
Jantje Laimeheriwa
Jantje Laimeheriwa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Jantje Laimeheriwa

Jadilah orang yang berempati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Makna Sapaan Selamat Pagi dalam Keluarga

30 April 2021   09:52 Diperbarui: 30 April 2021   09:59 197 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : IDNTimes.com

Sapaan selamat pagi, selamat siang dan selamat malam berlaku bagi setiap orang, setiap keluarga, setiap negara dan pasti dengan makna yang berbeda beda tergantung kondisi objektif setempat, wilayah ataupun Negara. 

Dalam bahasan ini bukan mengabaikan pemahaman makna ucapan selamat pagi, siang atau malam dari orang lain, daerah lain bahkan negara lain demikian juga apakah ucapan selamat pagi, siang dan malam berlangsung didalam rumah ataupun di luar rumah. 

Uraian tulisan ini saya ingin berbagi pikiran dan pandangan dengan lebih fokus kepada Makna Sapaan Selamat Pagi didalam keluarga dan rumah tangga kita. Karena rumah tangga atau keluarga sebagai komunitas terkecil dalam Masyarakat, Bangsa dan Negara yang terdiri dari orang tua, anak, cucu, menantu dan saudara saudara lain yang ada bersama yang perlu lebih awal mendapatkan pencerahan dalam pembentukan karakter dan mental spiritual. 

Sapaan selamat pagi yang terjadi dalam keluarga selama ini pasti berlangsung dan dipraktekan oleh keluarga akan tetapi masih dalam batas biasa biasa saja sebagai sebuah sapaan dalam keluarga setiap pagi.

Saya ingin sapaan selamat pagi yang akan terjadi dalam keluarga dan rumah tangga bukan hanya sekedar sapaan biasa saja akan tetapi sebaiknya ada nilai dan makna bagi keluarga sehingga dapat dijadikan sebagai pendorong,  pemacu dan pemicu motivasi bagi anggota keluarga dalam bekerja dan beraktivitas sepanjang hari yang dijalani.

Pikiran dan pandangan yang ingin saya bagikan untuk memaknai dan memberi nilai pada selamat pagi yang berlangsung dalam keluarga dan rumah tangga ada 3 (tiga) point utama adalah : 

1. Bermakna Syukur

Menyadari akan napas hidup kita ini adalah milik Tuhan. Sepanjang malam kita beristirahat dan tidur. Kita tidak tau apa yang akan terjadi sepanjang malam selama tidur. Tetapi ketika mentari pagi bersama kita  dan kita bangun dengan senang, bersyukurlah lewat sapaan selamat pagi kepada semua anggota keluarga karena Tuhan masih memberikan napas kehidupan ini.

2. Bermakna Doa

Sebagai orang  beriman dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sapaan selamat pagi hendaknya mengandung penyerahan hidup dan perlindungan Tuhan sepanjang hari itu agar Suka Cita dan Damai Sejahtera tetap menjadi bagian hidup kita. Karena  semua anggota keluarga terlibat dalam kesibukan kerja dan segala macam aktivitas baik dalam rumah maupun di luar rumah.

3. Bermakna Harapan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan