Mohon tunggu...
Ahmad J Yusri
Ahmad J Yusri Mohon Tunggu... Mahasiswa Fisika UIN Malang

Mahasiswa Fisika tahap pemula , . Senang berbahasa Arab juga Inggris walau tak seberapa , berminat terhadap sastra dan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Nostalgia Tempo Doeloe ala Kedai Kopi Upajiwa

21 Desember 2020   22:29 Diperbarui: 21 Desember 2020   22:32 135 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia Tempo Doeloe ala Kedai Kopi Upajiwa
suasana sederhana nan elegan ( doc. pri)

Mendengar kata kota  Malang, tentunya yang terbesit di pikiran kita adalah kota yang dipenuhi oleh mahasiswa  dari berbagai kalangan dan daerah. 

Sudah tentu banyaknya mahasiswa di Kota tersebut berpengaruh terhadap hegemoni kehidupan disana terutama di bidang ekonomi.  Dalam hal ini adalah kedai kopi atau yang bisa disebut coffe shop.

Kita dapat menemukan kedai kopi di berbagai sudut Kota Malang tapi ada beberapa kedai  kopi yang mengusung tema yang khas  dan jarang dimiliki oleh kedai kopi lain salah satunya kedai kopi Upajiwa yang berada di Kecamatan  Lowokwaru Kota Malang. Kedai kopi ini sangat khas  karena mengusung tema jaman dulu dibalut adat jawa .

Salah satu sudut bangunan yang dipenuhi barang antik ( doc. pri )
Salah satu sudut bangunan yang dipenuhi barang antik ( doc. pri )

Bangunan kedai ini sangat sederhana, berarsitekturkan joglo, nuansa jaman dulu akan lebih terasa saat kita masuk melewati pintu tersebut. Bangku-bangku, kursi, meja ditata sedemikian rupa dan di susun dengan penuh estetika. 

Di sudut ruangan terdapat lemari kayu yang berisikan barang-barang antik seperti tv tabung, radio, alat pemintal benang, mesin ketik, koper-koper, arca kayu yang kusam. 

Di dinding sebelah kanan terpampang beberapa wayang kulit. Juga ornamen pendukung seperti hiasan lampu dari anyaman rotan atau lukisan lukisan jadul. 

Pencahayaan  sangat serasi dengan warna dinding yang putih keburaman dan sangat nampak natural. Pengunjung pastinya serasa dibawa kembali ke jaman dulu atau sedang berkunjung ke rumah kakek-nenek tempo dulu.

Potret mahasiswa yang sedang berdiskusi (doc. pri)
Potret mahasiswa yang sedang berdiskusi (doc. pri)

Menurut Mas Bagus, salah satu pelanggan setia kedai kopi tersebut. Komposisi pelanggan kebanyakan dari mahasiswa semester tua dengan berbagai macam tujuan. 

Ada pula komunitas yang tertentu seperti komunitas vespa atau komunitas pecinta sejarah.  Kegiatan mereka pun bermacam-macam dari yang hanya mengerjakan tugas kuliah, sekedar ngobrol santai, main game, pdkt dengan si dia dan yang paling penting adalah tempat berdiskusi baik keilmuan atau organisasi sampai larut malam. 

Sayangnya dimasa pandemi seperti ini pemerintah menerapkan jam malam sehingga kedai kopi tidak bisa menemani pelanggan hingga subuh.   

Kedai kopi Upajiwa tergolong salah satu coffe shop yang  berkesan, selain karena tema yang diusung, dalam hal harga juga ramah dengan dompet mahasiswa. Mungkin bagi sobat yang ingin bernostalgia dapat mengunjungi kafe tersebut.

VIDEO PILIHAN