Mohon tunggu...
jamilatul M
jamilatul M Mohon Tunggu... pendidikan islam anak usia dini

filsafat ilmu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kelompok 5

14 Desember 2019   23:20 Diperbarui: 14 Desember 2019   23:22 0 0 0 Mohon Tunggu...

DEFINISI ILMU PENGETAHUAN

Ilmu pengetahuan ialah suatu proses pembentukan pengetahuan yang berkesinambungan sampai menjelaskan fenomena dan keadaan alam itu. Para ahli yang lain juga berpendapat bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi tentang pekerjaan hukum umum, sebab akibat dalam kelompok masalah baik dilihat dari hubungan maupun kedudukan.

Secara umum ilmu pengetahuan adalah semua usaha sadar untuk menyelidiki, meningkatkan dan menemukan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. MACAM MACAM PENGETAHUAN

1. Tahu bagaimana
Pengetahuan tahu bagaimana yaitu menyangkut bagaimana melakukan sesuatu. Pengetahuan ini berkaitan dengan keterampilan dalam melakukan sesuatu. Dan dapat disebut pula dengan praktek karena pengetahuan ini juga bisa disebut pengetahuan praktis.

2. Tahu bahwa
Pengetahuan tahu bahwa bisa disebut pengetahuan informasi tertentu. Tahu bahwa ada sesuatu, tahu bahwa ini dan itu saling berkaitan, dan bahkan apa yang dikatakan memang benar. Dan jenis ini bisa disebut pengetahuan teoretis.

3. Tahu akan
Tahu akan ini merupakan suatu sesuatu yg sangat spesifik yang menyangkut pengetahuan pada sesuatu oleh seseorang melalui pengalaman atau pengenalan pribadi. Dan unsur yang penting dalam pengetahuan tahu akan yaitu pengenalan dan pengalaman pribadi secara langsung dengan sebuah objeknya.

4. Tahu mengapa
Pengetahuan tahu mengapa ini berkaitan dengan tahu bahwa. Hanya saja pengetahuan tahu mengapa ini lebih spesifik dari pada pengetahuan tahu bahwa, karena pengetahuan tahu mengapa berkaitan dengan penjelasan.


HUBUNGAN ANTARA EMPAT MACAM PENGETAHUAN

1. Hubungan tahu bahwa dan tahu bagaimana
Di antar pengetahuan tahu bahwa dan pengetahuan tahu bagaimana ada hubungan yang sangat erat. Yaitu pengetahuan tahu bahwa dan pengetahuan tahu bahwa mengandalkan pengetahuan tahu bahwa.

2. Hubungaan antara tahu bahwa dan tahu akan
Agar kita mengetahui suatu pengetahuan yang didukung oleh fakta, kita tidak hanya mendasarkan pada informasi yang diperoleh dari orang lain.

3. Hubungan Antara tahu bagaimana dan tahu akan
Dengan mengetahui secara pribad, orang tersebut pada akhirnya akan tahu bahwa bagaimana bertindak dengan tepat.

4. Hubungan Antara tahu mengapa dengan ketiga jenis lainnya
Agar sampai pada pengetahuan yang lebih spesifik dan akurat. Kita tidak boleh berhenti pada pengetahuan tahu bagaimana, melainkan kita harus melangkah lebih jauh untuk mengetahui mengapa sesuatu terjadi dan bagaimana adanya.


SKEPTISISME
SKEPTISISME merupakan kemampuan untuk menemukan hal-hal yang bertolak belakang baik dari objek pengalaman maupun objek dengan cara apapu. Karena hal-hal atau alasan yang berlawanan memiliki kekuatan sama, pertama dibawa ke penangguhan penilaian kemudian ke ketenanga.
CIRI-CIRI ILMU PENGETAHUAN

a. Empiris: dilakukan dengan percobaan.

b. Sistematis: teratur

c. Objektif: pribadi

d. Analisis

e. Ferivikatif

VIDEO PILIHAN