Mohon tunggu...
Zuhri permana
Zuhri permana Mohon Tunggu...

Keluraga adalah rumahku

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menanti Banjir Jakarta

2 November 2015   13:22 Diperbarui: 2 November 2015   13:33 0 0 0 Mohon Tunggu...

Banjir seperti teman yang tiada surutnya bagi ibukota indonesia, membayangi setiap saat dan terus terjadi dari tahun ketahun. jakarta merupakan pusat bisnis ekonomi, pusat pemerintahan dan pusat dari segala indonesia.

Sangat ironi jika ibukota sebuah negara selalu menghadapi masalah yang sama dalam jangka panjang, meskipun berbagai pembenahan telah banyak dilakukan oleh bapak gubernur namun ancaman tidak kunjung reda.

banyak sungai dan waduk yang telah dibersihkan dan dinormalisasi memang tidak menjamin jakarta bebas banjir,
namun setidaknya ada upaya yang terus dilakukan pemda untuk menuju jakarta bebas banjir.

banyak cerita yang sering kita dengar mengenai banjir, terutama masalah penyebab banjir. dalam hal seperti ini sebenarnya tidak patut kita hanya berkutat pada konteks ini. namun ada baiknya mengarah pada solusi yang harus diagendakan dan dijalankan.

banjir bukan cuma masalah pemda, namun menjadi masalah bersama, karena masalah ini memang menyangkut kepentingan bersama. sadar akan kesehatan dari diri sendiri, mulai perhatikan lingkungan, jangan buang sampah dikali dan adakan kerja bakti terjadwal akan menjadi satu perjuangan kecil yang dapat kita lakukan

relokasi warga yang berada di bantara kali menjadi hal yang harus kita apresiasi pada pemda, karena hal ini tentu akan menjadi malapetaka bagi penghuni bantara kali, isu mengenai kesehatan dan penjarahan saat banjir memang tidak bisa diatasi dengan mudah.

perlu upaya dan solusi yang berbeda dalam masalah ini, relokasi warga ke tempat yang lebih tinggi menjadi salah satu kebijakan yang bagus.

kita sadar bahwa setiap banjir dan setelah banjir mereda masalah kesehatan selalu membayangi seperti kesehatan kulit dan masalah diare.

Terpaparnya air minum akibat terbawa dari berbagai tempat terkait banjir menjadi masalah yang tidak mengenakan, jika kita meniliki jaman dahulu ketika bapak tani atau anak-anak bermain disawah berlumuran lumpur mungkin tidak jadi begitu masalah.

Namun jika para anak bermain lumpur banjir ini menjadi sesuatu yang harus kita waspadai, ingat bahwa mencegah itu lebih baik.
bahwa lumpur sawah dengan lumpur comberan sesuatu yang sangat berbeda.

Seperti yang saya lihat dari petajakarta.org bahwa pemda baru akan meulai mengupdate sekitar bulan desember, sedangkan fenomena hujan telah muncul dalam intensitas rendah dibeberapa daerah.  

sudah tidak lama lagi, teman akrab saat hujan ini akan menghampiri kita.

Sudahkah kita mempersiapkan diri?

 

Sumber Gambar:

http://forum.kompas.com/threads/230711-Baca-Info-Terbaru-Mengenai-Banjir-Jakarta-di-Lipsus-KOMPAS-com!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x