Mohon tunggu...
Success Mind
Success Mind Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sukarelawan

Homepimpa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mutiara di Tanah Jawa?

6 Oktober 2022   10:11 Diperbarui: 6 Oktober 2022   10:16 125 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pixabay.com || ilsutrasi pilihan

Ada fakta yang menarik yang mungkin belum banyak diketahui bersama oleh seluruh masyrakat tanah air. Saat ini Pendidikan Pulau Jawa terutama untuk kalangan pelajar menjadi sasaran besar untuk bersekolah disana.  Bagimana tidak, sekolah yang secara kompetensi dan karakter menjadi sebuah satu kesatuan, Di tambah guru-guru praktisi yang mengajar setiap kompetensi yang secara langsung sudah sering terjun dalam DUDI.

Tidak menutup kemungkinan untuk Pendidikan di pulau lainnya menjadi serupa dengan pulau jawa. Tapi fakta yang ada bahwa Pendidikan di Pulau Jawa sangat dominan di bandingkan dengan pulau lainya. Pertanyaan yang lazim adalah mengapa pendidikan Pulau Jawa  menjadi sangat Dominan?

Untuk itu penulis mengajak pembaca untuk memahami beberapa hal penting yang seharusnya setiap masyrakat tanah air tau tentang pentingnya sebuah Pendidikan.

Think Different

Sumber: pixabay.com || think different
Sumber: pixabay.com || think different

Ada hal yang sudah membudaya di setiap lini kehidupan masyrakat Indonesia, bahkan sudah tidak sadar bahwa hal itu akan merusak masa depan kalangan pelajar, terkhusus kalangan pelajar yang menjadi tonggak masa depan keluarganya.

Hal yang jarang sekali setiap pelajar punya dalam kehidupannya adalah “AKU BEDA DENGAN YANG LAIN”. Salah satu contoh, penulis ambil dari sudut pandang CEO/OWNER di sebuah perusahaan, akankah sebuah perusahaan itu mau merekrut member baru tanpa memiliki sesuatu yang berbeda dengan karyawan lainya atau bahasa kerasnya adalah kamu bisa menyelesaikan masalah apa di perusahaan saya? Inilah yang menjadi perhatian khusus dari Pendidikan di Pulau Jawa. Jawa sangat baik dalam mengelola masalah menjadi peluang, salah satunya membuat sistem Pendidikan itu menjadi sangat relevan dengan DUDI, terlebih sekolah swasta.

Kembali, hal yang sama seperti yang sudah penulis singgung di atas bahwa kebanyakan kalangan pelajar tidak tahu konsep dari sebuah Pendidikan ke dunia kerja. Tidak ada faktor dari diri sendiri untuk memiliki pikiran 10 thn kedepan, atau jika saya lakukan ini apa dampak 5 tahun kedepan atau sederhannya jika saya belajar ini suplay and demand dari DUDI nya seperti apa.

Success Mindset


Jarang sekali ditemukan untuk sebagian besar pelajar Indonesia memilki prinsip “jika besar nanti aku pasti jadi orang sukses”, jika kita amati lagi kata “jika besar nanti aku pasti orang sukses” memiliki arti bahwa dia sudah menstandarkan hidupnya di golongan orang sukses. Tentu disini dia tau tentang THINK DIFFERENT, inilah yang dimiliki sebagian besar masyrakat di pulau jawa bahwa, mereka tau mengapa harus bersekolah dan kemana akan berlari, tidak terkecuali di support oleh sistem pendidikannya.

Secara sikologi manusia apa yang dilihat oleh mata kemungkinan besar akan terrealisasikan dalam kehidupannya terlepas berbobot atau tidak, inilah faktor yang sangat mendukung perkembangan setiap kalangan pelajar terhadap dirinya, bahwa tercipta sebuah tekonologi bukan untuk disalah gunakan melainkan diperioritaskan untuk masa depan. Hal inilah yang seharusnya selalu di bumbui  keluarga terhadap anaknya bukan hanya sekolah lalu pulang, iya sihh memang itu sekolah, tapi ga guna juga kalo goalnya hanya sebuah kertas dengan headline Izajah.

Little Things

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan