Mohon tunggu...
Jaka
Jaka Mohon Tunggu... Blogger

Selalu skeptis dengan yang namanya giveaway

Selanjutnya

Tutup

Digital

WhatsApp Berbagi Data Pengguna ke Facebook, Apa Artinya?

14 Januari 2021   06:06 Diperbarui: 14 Januari 2021   06:30 142 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
WhatsApp Berbagi Data Pengguna ke Facebook, Apa Artinya?
dok. pribadi

Beberapa hari yang lalu, whatsapp, aplikasi chat yang bisa dibilang adalah aplikasi berbagi pesan terbaik saat ini, mulai ramai dibicarakan orang-orang. Baik itu di Internet maupun di dunia nyata.

Alasan ramainya pembicaraan ini adalah karena pihak Whatsapp membuat kebijakan yang cukup kontroversial. Yaitu mengumumkan bahwa data pengguna aplikasi chat ini akan diberikan atau digunakan oleh pihak Facebook untuk kepentingan komersial, aktif terhitung pada tanggal 8 Februari 2021.

Tentu berita ini membuat panik beberapa penggunanya, salah satu yang sangat dianggap orang-orang kontroversial adalah cara pemberitahuan-nya, yaitu muncul di aplikasi whatsapp setiap pengguna dan apabila kita tidak menyetujui persyaratan bahwa data kita akan dibagikan ke Facebook, maka kita tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Cara yang cukup tegas itu membuat sebagian penggunanya marah, dan mengakibatkan kampanye untuk pindah aplikasi chat ke aplikasi seperti Telegram atau Signal, aplikasi yang masih lebih ramah terhadap privasi.

Apa saja sih data yang dibagikan tersebut?

Identifier: ini pada dasarnya merupakan informasi akun yang disediakan pengguna ketika pertama kali mendaftar di aplikasi Whatsapp, termasuk nomor telepon, nama profil, foto profil, dan status. Ada juga informasi perangkat seluler serta alamat IP yang digunakan pengguna.

Usage data: informasi yang didapat dari kategori ini meliputi berapa lama pengguna menggunakan Whatsapp, atau pada jam berapa, untuk tujuan apa. Apakah untuk melakukan panggilan atau chat, berapa pesan yang pengguna kirim, dan lainnya.

Purchases: ini mungkin berkaitan dengan data terkait pembelian apapun yang pengguna lakukan via Whatsapp. Baru-baru ini, Whatsapp diketahui meluncurkan fitur pasar digital untuk membantu orang membeli barang melalui aplikasinya.

Location: informasi terkait di mana pengguna berada. Sebagai informasi, informasi lokasi yang dikumpulkan Whatsapp hanya berupa gambaran kasar yang tidak terlalu akurat.

User content: pesan Whatsapp sebenarnya sudah dilengkapi dengan enkripsi end to end sehingga pihak lain bahkan pihak Whatsapp sendiri tidak dapat mengaksesnya untuk tujuan periklanan atau analisa. Kemungkinan data yang dimaksud adalah wallpaper atau sticker custom yang digunakan.

Diagnostics: data yang dikumpulkan Whatsapp terkait kondisi lalu lintas jaringan di aplikasinya.

Contact info: semua kontak yang ada di smartphone pengguna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x