Mohon tunggu...
fania susanti
fania susanti Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menyukai hiburan yang lucu dan humoris.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Adu Rating Siaran Copa America 2016 vs Piala Eropa 2016 di Indonesia

28 Mei 2016   16:02 Diperbarui: 28 Mei 2016   16:31 382 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adu Rating Siaran Copa America 2016 vs Piala Eropa 2016 di Indonesia
Euforia Piala Eropa 2016 di Indonesia (via http://www.uefa.com)

Buat para penggila sepakbola, siap-siap deh puasin hasrat kalian buat nonton sebulan penuh tayangan siaran langsung pertandingan-pertandingan dari 2 benua sekaligus, yaitu Eropa dan Amerika. Ya, 2 kompetisi antar negara akan segera kita saksikan bulan depan, yaitu Piala Eropa 2016 dan Copa America 2016.

Memang sepertinya greget para penonton sepakbola bakalan terarah kepada kejuaraan 4 tahunan Euro 2016 alias Piala Eropa 2016 nanti. Tapi mungkin saja karena pihak yang mendapatkan hak siar Piala Eropa 2016 (Euro 2016) di Indonesia - dalam hal ini RCTI yang lebih gencar dalam menayangkan promo-promo dan juga tayangan pra- Piala Eropa 2016 selama sebulan terakhir. RCTI yang memang memiliki basis penonton dan rating yang tinggi secara keseluruhan memang lebih memiliki gaung yang lebih kuat dalam mempromosikan tayangan unggulannya di bulan Juni-Juli 2016 nanti.

Program Acara Dahsyat (RCTI) Gencar Promosi Euro 2016 (via http://www.instagramio.com)
Program Acara Dahsyat (RCTI) Gencar Promosi Euro 2016 (via http://www.instagramio.com)
Selain mempromosikan lewat beberapa program acara khusus, yaitu Sportacular Euro 2016 setiap malamnya, RCTI juga gencar berkampanye lewat beberapa segmen yang memang banyak ditonton oleh anak muda, yaitu program musik Dahsyat. Acara yang tayang pagi hari selama beberapa bulan terakhir ini sempat menjadikan Euro 2016 sebagai tema acara musik tersebut.

Bisa dikatakan hal ini merupakan strategi yang paling efektif, karena mayoritas para pecinta sepakbola, khususnya yang gila bola adalah kaum muda yang didominasi oleh para usia pelajar dan mahasiswa. Event 4 tahunan ini tentu akan menjadi moment spesial para pecinta sepakbola di tanah air disamping gelaran akbar Piala Dunia. 

Copa America 2016 Edisi Spesial 100 Tahun (via http://worldsoccertalk.com)
Copa America 2016 Edisi Spesial 100 Tahun (via http://worldsoccertalk.com)
Nah, bagaimana dengan Copa America?? 

Ajang sepakbola bergengsi ini sebenarnya juga tidak kalah pamornya dari Piala Eropa, mengingat banyak juga pemain bintang dari timnas Amerika Latin yang berlaga di kompetisi elit Eropa, seperti Lionell Messi, Neymar, De Maria, Suarez, dan masih banyak lagi. Apalagi kompetisi Copa America 2016 kali ini merupakan edisi spesial menyambut genap 100 tahun sejak kompetisi ini diselenggarakan pertama kalinya tahun 1916 di Argentina. Perayaan akbar menyambut 100 tahun Copa America ini akan digelar di Amerika Serikat yang bertindak sebagai tuan rumah spesial Copa America Centenario tersebut. 

Diatas kertas kedua kompetisi tersebut sama-sama bergengsi. Namun secara teknis penyiaran dan promosi akan ada perbedaan di antara keduanya. Kompas TV sebagai stasiun TV yang tahun lalu memegang hak siar penuh seluruh pertandingan Copa America 2015, kali ini masih tetap akan menyiarkan secara penuh perhelatan menyambut 100 tahun Copa America 2016 nanti. 

Sebenarnya Kompas TV bisa mencuri start yang bagus, mengingat jadwal Copa America 2016 yang mulai lebih awal yaitu pada tanggal 3 Juni dan berakhir pada tanggal 26 Juni 2016 (partai Final). Sedangkan Piala Eropa 2016 (Euro Cup 2016) baru akan dimulai pada tanggal 10 Juni 2016 (waktu perancis) dan berlangsung lebih lama hingga 10 Juli 2016. 

Tidak Perlu Galau.. Jadwal Piala Eropa dan Copa America 2016 Tidak Berbenturan (via http://pixstatic.com)
Tidak Perlu Galau.. Jadwal Piala Eropa dan Copa America 2016 Tidak Berbenturan (via http://pixstatic.com)
Mungkin anda yang menyukai kedua kompetisi tersebut dan ingin menonton keduanya merasa galau karena takut jadwalnya bentrokan bukan?

Kabar baiknya adalah, meski keduanya memiliki jadwal penayangan di hari yang berpotongan, namun jam tayangnya ternyata berbeda. Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2016 nanti kebanyakan akan digelar pada jam tayang malam hari (waktu Indonesia Barat), yaitu berkisar antara jam 8 malam hingga pukul 2 dini hari. Sementara itu jadwal pertandingan yang akan digelar di Copa America 2016 bisa kita saksikan di tanah air pada pagi hari dan siang hari.

Tentunya bagi para pelajar hal ini menjadi kendala tersendiri, dan secara teknis menjadikan jam tayang Piala Eropa 2016 nanti yang akan menyerap banyak penonton untuk menyaksikan pertandingan secara live. Mungkin saja Kompas TV juga akan menayangkan siaran ulang beberapa pertandingan unggulan pada siang hari atau malam harinya. Namun tentu saja akan menjadi kerugian jika penonton lebih memilih menyaksikan secara live pertandingan dari Piala Eropa 2016. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN