Mohon tunggu...
JadiPergi
JadiPergi Mohon Tunggu... Wisata Libura Kamu
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Temukan inspirasi liburanmu di sini

Selanjutnya

Tutup

Travel

Wisata Adrenalin Makin Menantang, Jadi Pergi Ikut Ramaikan Wisata Trail di Merapi

19 Juni 2019   11:15 Diperbarui: 19 Juni 2019   11:29 18 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata Adrenalin Makin Menantang, Jadi Pergi Ikut Ramaikan Wisata Trail di Merapi
sumber : Wahana Ritelindo

19 Juni 2019 - Segmen wisata yang menguji adrenalin dari tahun ke tahun semakin banyak diminati oleh wisatawan dalam negeri, tak terkecuali untuk salah satu destinasi wisata yang ada di selatan Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni wisata trail menggunakan jeep maupun dengan motor trail. JadiPergi sebagai layanan paket berbagai macam paket wisata dalam negeri sejak 2018 lalu juga ikut meramaikan wisata jenis ini.

Destinasi wisata trail di sekitaran Gunung Merapi ini, lebih tepatnya di kawasan Kaliurang-Kaliadem Kabupaten Sleman. Pasca erupsi gunung Merapi pada tahun 2010 yang menggemparkan negeri karena telah menelan korban salah satu tokoh juru kunci Merapi - Mbah Maridjan, masyarakat Indonesia semakin disadarkan potensi bencana di kawasan gunung api.

Namun, di antara berbagai kesadaran akan bahaya, masih ada pihak-pihak yang sadar akan potensi positif kawasan sekitar gunung api, yakni lingkungan yang alami dan subur. Potensi positif inilah yang mengundang wisata jelajah alam menggunakan kendaraan seperti mobil jeep maupun motor trail makin cocok di lakukan di kawasan sekitar Merapi.

EVP JadiPergi PT. Bimasakti Multi Sinergi, yakni Akhmad Mirza menjelaskan mengenai potensi wisata semacam ini, "Seperti yang kita semua tahun, setelah erupsi Merapi tahun 2010 itu, destinasi wisata lokal di sana semakin populer, sebut saja Lava Tour Merapi yang di antaranya ada wisata trail menggunakan jeep. Pakai jeep kan tetap aman dan menyenangkan, bisa menyaksikan gimana dahsyatnya kekuatan alam sekaligus jalan-jalan lihat buktinya di Kaliurang sana".

Namun dalam beberapa tahun terakhir, wisata menguji adrenalin tidak hanya bisa dinikmati di atas roda empat, dengan roda dua juga bisa - dibuktikan dengan maraknya wisata trail di Kaliadem-Kaliurang sekitar Merapi. Wisata trail menggunakan motor ini dipilih karena dianggap wisatawan bisa merasakan langsung trek dengan berbagai halang rintangnya, ketimbang hanya duduk manis di atas jeep.

"Kan kalau wisatawan mengendarai motor trail, mereka sendiri bisa merasakan langsung sulit dan menantangnya trek di sana, mengasah kelihaian serta menguji adrenalin di atas kuda besi" ujar Widigda Kuncara sebagai Manajer JadiPergi PT. Bimasakti Multi Sinergi yang senada dengan anggapan sebagian besar wisatawan wisata trail.

Wisata trail di kawasan Kaliadem-Kaliurang menyajikan trek yang menguji adrenalin sekaligus pemandangan alam yang menyenangkan jiwa. Kini wisata serupa juga diperkenalkan di kawasan Gunung Sewu-Gunung Kidul, lebih tepatnya daerah Trabas dengan halang rintang baru yang mengaruskan wisatawan menyeberangi sungai. Dan JadiPergi sudah berancang-ancang untuk memasukkan wisata trail Trabas ini di waktu dekat.

VIDEO PILIHAN