Mohon tunggu...
Izzur Pratama
Izzur Pratama Mohon Tunggu...

seorang mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri angkatan 2011 di Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Sebuah Target

20 Maret 2012   04:12 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:44 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kehidupan membutuhkan sebuah tujuan, dan tujuan tersebutlah yang disebut dengan target. Siapapun kita dan apapun yang kita lakukan tentu memerlukan sebuah target, beberapa orang berpendapat bahwa target dan tujuan tidaklah terlalu penting namun yang terpenting adalah hasil akhir yang dicapai.

Tentu pendapat seperti itu kurang baik, target yang kita pasang dan rencanakan saat awal sebelum kita melakukan sesuatu tentu mempengaruhi kerja kita saat melakukan suatu hal dan bertujuan mencapai sesuatu. Sebuah contoh sederhana, ada 2 orang pekerja yang bekerja di tempat yang sama. Satu orang memiliki sebuah tujuan menjadi seorang pegawai teladan dan menjadi manager perusahaan karena merasa mampu dan memiliki kemampuan untuk menjadi manajer, dan satunya lagi hanya bekerja dan menikmati dunia kerja tak peduli apapun yang dilakukan hanya perduli pada gajinya. Tentu anda melihat perbedaannya dan apa hasil akhir yang bisa diraih keduanya dan apa yang membedakan keduanya dalam menjalani pekerjaannya. Pekerja yang memiliki tujuan pasti sudah merencakan kerjanya seperti apa karena memiliki target sebagai manager maka akan bekerja sebaik mungkin agar bisa mengambil hati sang pimpinan, sebaliknya pekerja yang asal bekerja tidak memiliki tujuan dan hanya bekerja seadanya saja.

Selain bisa membedakan hasil yang diraih, sebuah target mempengaruhi sebuah proses. Maksudnya adalah saat melakukan sesuatu kita perlu mengatur dan merencakan apa yang akan kita kerjakan agar tidak bingung dengan apa yang akan kita kerjakan nantinya. Konon David Beckham seorang pesepak bola kondang asal Inggris, yang terkenal dengan tendangan pisangnya, sebelum menendang bola ke arah gawang, dia membayangkan terlebih dahulu, bagaimana bola itu berproses dan bisa masuk. Istilahnya visualisasi target. Bayangkan sebuah pencapaian sukses Anda, ketika Anda mulai melakukan upaya untuk meraihnya. Lakukan usaha dan sambil terus bayangkan.

Siapapun untuk ingin meraih kesuksesan, oleh sebab itu pasang target sukses Anda, mulai dari sukses harian, mingguan, bulanan, tahunan, sampai sukses jangka panjang. Sudahkan anda memasang terget anda sebelum melakukan sesuatu?, Coba pasang target anda dari sekarang dan raih tujuan yang anda impikan dengan kesuksesan.