Mohon tunggu...
izzatul isma
izzatul isma Mohon Tunggu... membaca adalah melawan,menulis adalah implementasi dari bacaan

dalam belajar cobalah seperti pohon dan angin serta seperti jejak kaki dan tanah,selalu menemukan makna disetiap pertemuan dan perjuangannya meskipun selalu sulit untuk abadi bersama

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Covid-19 dan Perjuangan Tenaga Medis

26 Maret 2020   23:14 Diperbarui: 26 Maret 2020   23:35 235 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Covid-19 dan Perjuangan Tenaga Medis
Foto: Pekerja Rumah Sakit (Screenshot instagram @rskramat_128)

Masa kelam dimana peperangan yang terjadi di masa lampau sekarang sudah menjadi sejarah panjang bagi dunia. Menyisakan pembelajaran bagi masyarakat global yang terlibat dalam persaingan perebutan wilayah. Tidak hanya mengenai perebutan wilayah akan tetapi ideologi dan perdagangan guna menguasai dunia. 

Sehingga dampak dari semua itu menyisakan sebuah bentuk globalisasi, dimana semua kegiatan tidak lagi terpaku di wilayah nasional namun sudah menjadi transnasional. 

Hal itu yang menyebabkan hubungan antar-negara sudah tidak lagi dibatasi oleh batas teritorial negara, sehingga hanya bisa dibatasi dengan moral diri masing-masih individu. 

Dengan adanya Globalisasi tersebut, akhirnya berimpas pada suatu permasalahan yang ada di suatu negara. Maka negara lain juga mendapatkan dampaknya pula, seperti halnya yang terjadi di masa sekarang mengenai Pandemi Covid-19. 

Di mana asal muasal virus tersebut berasal dari salah satu negara penguasa perdagangan dunia, yaitu China. Namun sebelum adanya munculnya Covid-19, jauh di waktu yang lampau sudah terdapat penyakit global seperti Covid-19. Dimana wabah penyakit tersebut juga mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia global.

Sebenarnya penyakit global bukanlah sesuatu hal yang baru, sebab di tahun-tahun lampau pernah mengalami juga wabah penyakit yang berpengaruh terhadap kehidupan global. 

Seperti wabah penyakit Pes dan Radang paru-paru yang disebabkan oleh lalat yang hidup pada hewan pengerat, khususnya pada hewan tikus yang menumpang kapal Eropa saat itu. 

Wabah Pes menyebar dari China dan Mongolia yang mengikuti rute dagang ke barat hingga Konstantinopel pada abad ke-14 dan selanjutnya  para pedagang dari Genoa membawanya ke Sisila. 

Dalam tragedi tersebut telah berhasil menewaskan separuh dari penduduk Messina dan Inggris sehingga tragedi tersebut sering di sebut Black Death sebab telah membunuh hampir 25 juta jiwa dalam kurun waktu 3 tahun. Oleh karena itu penyakit global bisa menjadi lawan perang kita akibat dari kegiatan dilingkup transnasional.

Dengan munculnya wabah virus baru, yaitu virus Covid-19 menjadi awal dari bentuk peperangan baru di era-modernisasi ini atau bentuk penyakit gobal baru yang telah mempengaruhi kehidupan masyarakat global. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x