Mohon tunggu...
Izzatul Firdaus
Izzatul Firdaus Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa-Mahasiwa

Early Childhood Education.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Loose Part, Sederhana tapi Pengaruhnya Luar Biasa

22 April 2022   10:45 Diperbarui: 22 April 2022   11:02 23735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
aniktwinwongblitar.id

Belajar melalui bermain adalah pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini, bermain merupakan dunia yang tidak bisa dihindari oleh anak. Karena bagi anak bermain merupakan hal yang menyenangkan Tidak hanya itu , anak juga dapat belajar tentang kehidupan dari bermain setiap hari. 

Cara mendidik anak usia dini yang benar adalah dengan belajar sambil bermain, bukan memberikan materi PAUD yang sebenarnya, karena anak kehidupan tidak dapat dipisahkan dari bermain. 

Dalam kegiatan bermainnya terlihat anak usia dini lebih senang bermain dengan bahan permainan yang ada disekitarnya seperti pasir, batu, dedaunan, peralatan minum dan peralatan makan dibandingkan dengan menggunakan mainan yang sudah siap pakai, 

Puspita (2019) mengungkapkan bahwa bermain dengan loose parts dalah alat dan bahan yang merangsang rasa ingin tahu secara alami. Loose Parts merupakan istilah yang diciptakan oleh seorang arsitek bernama Simon Nicholson,  

Secara bahasa loose parts bermakna Benda-benda terpisah yang dapat dipindahkan dan dimanipulasi dan bagaimana mereka digunakan terserah anak secara berhati-hati beliau mempertimbangkan objek dan lingkungan yang membentuk koneksi Nicholson percaya bahwa setiap anak memiliki tingkat pemikiran ilmiah yang berbeda, tergantung pada usia dan tingkat pendidikannya. 

Steamfli (2009) mengungkapkan bahwa Loose Parts memberikan permainan bebas untuk anak-anak dan tidak didominasi oleh peran orang dewasa. Teori ini memberikan wawasan kepada guru tentang bagaimana peran lingkungan eksternal membantu anak-anak menciptakan pengalaman bermain yang kaya dan beragam. 

Pembelajaran ini dapat menjadi strategi bagi anak untuk memperoleh keterampilan yang berbeda.

Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Loose Part

Tujuan pembelajaran dengan menggunaka media Loose Parts adalah agar anak lebih kreatif karena secara kreatif dapat membongkar pasang bahan Loose Part yang disediakan sesuai dengan imajinasinya. Anak  juga dapat menggunakan barang-barang pribadi untuk berpartisipasi dalam Perlindungan Lingkungan, 

ketika anak memahami bahwa anak dapat mendaur ulang barang bekas dan menggunakannya sebagai mainan dan merakitnya secara kreatif agar berguna. Loose Part ini membuat aktivitas bermain lebih bermakna dengan membuat Anda merasa sedang mencoba membuat karya baru dengan menggunakan berbagai bahan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun