Mohon tunggu...
Azmi Muhammad
Azmi Muhammad Mohon Tunggu...

Penyuka Musik Trash, Death, Speed, Prog, Art, Blues, Heavy etc

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pesan Prof. Dr. H. Buya Hamka

16 Desember 2012   08:05 Diperbarui: 24 Juni 2015   19:34 1380 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesan Prof. Dr. H. Buya Hamka
1355644950489345614

Agar supaya kita jangan terpeleset kepada hal yang menyesatkan kita selaku umat yang beragama, pelajarilah agama itu sebaik-baiknya (Hadist).

Kaum Muslimin harus berhati-hati dan waspada terhadap perbuatan-perbuatan yang akan merusak sendi dan ajaran-ajaran Islam. Sebab di Indonesia ini lain, karena tanahnya subur saja yang ditanam pasti tumbuh. Ditanam tembakau, tumbuh tembakau; ditanam padi, tumbuh padi; ditanam jagung tumbuh jagung; ditanam jelatang tumbuh jelatang.

Jika yang tumbuh tembakau, padi dan jagung kita beruntung. Tetapi kalau jelatang yang tumbuh, alamat kita akan gatal-gatal semuanya ketularan kudis seluruhnya. Maka dari itu, pelajarilah agama itu dari sumbernya yang sah. Saya anjurkan terutama kepada yang muda-muda, disamping inteletualmuyang tinggi itu, isilah rohmu dengan agama, mudah-mudahan kamu selamat dunia dan akherat. Tanamkan iman yang kuat didalam dadamu, setelah tertanam jangan sampai tergadaikan. Apa bila sudah tergadai, orang dengan mudah saja mengatakan: “Hai, berapa kau jual Imanmu….?” Sekali lagi saya tekankan, pelajarilah agama baik-baik. Mudah-mudahan pendiriamu akan teguh karena sudah matang dari dalam. Betapapun godaan yang datang, tidak akan apa-apa, karena penangkis dalam jiwamu sudah kuat.

Jika datang kesenangan diberikan Tuhan kepadamu, bersyukurlah atas rahmat-Nya itu. Sebaliknya jika kesusahan yang menimpa diri, terimalah dengan sabar dan dada lapang, yang berarti dirimu bertambah dekat kepada Allah.

Bila diri sudah dekat kepada Allah, percayalah, pasti tidak akan disia-siakan-Nya.

Bukan emas saja yang diuji orang, iman juga dapat ujian. Disaat-saat susah, janganlah hidup berkeluh kesah, anggap saja sedang menempuh ujian. Jika penuh syarat Iman tentu akan lulus. Sebab apa, seluas-luasnya menahan sabar akhirnya kita akan bersyukur. Tuhan berjanji, orang yang sabar dikasihani-Nya. Tetapi ingat pula, bahwa sabar itu ada batasnya; kalau sudah melewati batas masih diam juga, itu berarti lemah dan pengecut.

"Seruan Istiqamah 1" Kota Bandung

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x