Mohon tunggu...
Iyanto Raditya
Iyanto Raditya Mohon Tunggu... Hobi nulis apa saja

Mahasiswa yang suka kepo dan mencari tahu banyak hal serta memiliki hobi menulis tentang apa saja.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Inilah Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Lolos Administrasi

20 Juli 2019   14:17 Diperbarui: 20 Juli 2019   14:20 0 0 0 Mohon Tunggu...
Inilah Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Lolos Administrasi
Sumber: https://www.recruiter.com 

Surat lamaran kerja merupakan salah satu berkas terpenting sebagai dokumen permohonan oleh si pelamar untuk mendapatkan pekerjaan kepada perusahaan yang dituju. Sebab, dari dokumen inilah pimpinan perusahaan akan mengetahui kualifikasi dan kilasan kepribadian dari setiap pelamar kerja. 

Ketika si pelamar membuatnya asal asalan, tidak sesuai aturan dan terdapat kesalahan dalam pembuatannya, maka dapat dipastikan secara keseluruhan dokumen yang dikirim akan ditolak.

Oleh karena itu, khususnya bagi seorang pelamar kerja sangat dianjurkan untuk mencari informasi sebanyak mungkin terkait dengan aturan penulisan sebuah lamaran kerja yang baik dan benar.

Jangan sampai kamu demikian ketika akan membuatnya.

Sebab, kesempatan hanya datang 1 kali saja. Kamu tidak akan mengetahui kapan lowongan kerja yang sama di perusahaan yang kamu pilih dibuka kembali.

Nah, beberapa tips berikut ini mungkin akan memudahkan mu agar lamaran kerja yang kamu kirim dapat lolos seleksi administrasi. Diantaranya sebagai berikut:

  1.  Baca dengan teliti setiap persyaratan yang diajukan oleh pihak perusahaan. Jika pihak perusahaan membutuhkan lampiran sertifikat toefl, maka kamu harus melampirkannya. Jika tidak punya, sebaiknya kamu tidak mencobanya. Karena, dipastikan lamaranmu akan di tolak.
  2. Tulislah lamaran kerja yang kamu buat dengan rapi, menggunakan bahasa baku dan mengikuti aturan tata cara pembuatannya.
  3. Sangat dianjurkan menggunakan tulisan tangan, sebab dari sini pihak perusahaan akan lebih mudah mengetahui kepribadianmu. Jika kamu menulisnya, pastikan tidak ada coretan sedikitpun, tipe x dan pastikan pula kertasnya dalam keadaan bersih.
  4. Jika kamu hendak membuatnya dengan tulisan komputer, pastikan kertasnya dalam kondisi bersih, gunakan font times new roman 12, pastikan margin dan space nya rapi dan sebagainya.
  5. Sampaikan secara singkat, jelas dan padat serta menarik perhatian. Jangan sampai melebihi 1 lembar kertas HVS
  6. Lampirkan berkas yang masih berkaitan dengan lamaran kerja yang kamu tuju. Jika sebuah perusahaan sedang membutuhkan seseorang yang terampil dalam bidang Ms. Office, jangan sampai kamu sertakan lampiran sertifikat menjahit atau memiliki pengalaman menjahit. Itu tidak nyambung dengan pekerjaan yang kamu tuju
  7. Jangan lupa sebelum mengirimkan lamaran kerja baca kembali dengan teliti. Apakah ada satu huruf yang kurang ditulis, kelebihan dan sebagainya.

Setidaknya, itulah beberapa hal penting dalam hal membuat surat lamaran kerja agar lolos dalam tahapan administrasi. 

Selanjutnya, jika kamu membutuhkan contoh surat lamaran pekerjaan maka cobalah untuk melihatnya di bawah ini:

                                                                                                                                                                                                       Pangkalpinang, 17 Juli 2019

Lampiran   : Enam Lembar
Perihal        : Lamaran pekerjaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2