Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Penggunaan "For, During, dan While" dalam Bahasa Inggris

7 Mei 2021   13:50 Diperbarui: 7 Mei 2021   14:01 218 4 0 Mohon Tunggu...

Sekilas kalau kita mengartikan ketiga kata diatas yaitu during, for dan while, ternyata kita mempunyai pandangan serupa, mereka berarti selama dalam Bahasa Indonesia.

Namun bagaimana penggunaan ketiga kata tersebut dalam Bahasa Inggris? Ternyata berbeda dan anda yang ingin paham Bahasa Pangeran William ini harusnya cukup jeli untuk tidak menggunakannya secara terbalik.

Kata pertama yang populer yaitu “For” yang sering kita gunakan untuk menunjukkan berapa lama baik secara eksak atau kira-kira waktu yang kita gunakan ketika melakukan kegiatan. Contohnya : I have lived at that house for 2 years. (Saya sudah tinggal di rumah itu selama dua tahun).

Contoh lainnya : Tria and Diana watched television for 2 hours last night (Tria dan Diana menonton televisi selama dua jam tadi malam).

Kata kedua adalah “During” yang punya arti yang sama, namun penggunaannya kita tidak bisa gunakan dengan menambahkan  jumlah atau bilangan waktu tertentu, karena akhir dari during selalu diikuti dengan kata benda (noun), seperti during the meeting (selama pertemuan), during the trip (selama perjalanan) atau during the interview (selama wawancara).

Contoh : The soccer match was boring so I fall asleep during the game (Pertandingan sepak bola itu membosankan jadi saya tertidur selama permainan itu). Contoh lain, The young teacher tried to show his new teaching method during the presentation (Guru muda itu mencoba untuk menunjukkan metode pengajaran baru selama presentasi tersebut).

Uniknya kata “during”  bisa kita ganti dengan kata depan (preposition) lain seperti contoh diatas, misalnya dengan kata ‘in’, sehingga during the presentation bisa juga in the  presentation atau during the meeting dengan in the meeting.

Kata terakhir adalah “while” yang punya arti “selama” juga namun penggunaannya dilakukan ketika digabungkan dengan kalimat lain yang menyiratkan dua kejadian yang berlangsung secara bersamaan. Contoh : I met John while I was riding a motor bike yesterday afternoon (Saya bertemu John ketika sedang mengendarai sepeda motor kemarin sore).

Contoh lain : While I was browsing on the internet, I saw interesting vacant job positions in the well-known company. (Ketika saya sedang browsing/berselancar di internet saya melihat iklan lowongan pekerjaan menarik di sebuah perusahaan terkenal).  

Bagaimana dengan contoh ini : I am going to Surabaya next week and I expect to meet Rina while I will be there. Benar atau salah? Seharusnya penggunaannya while harus dengan tense simple present tense bukan dengan future tense, jadi yang benar adalah I am going to Surabaya next week and I expect to meet Rina while I am there.  (Saya akan pergi ke Surabaya minggu depan dan saya berharap bertemu Rina ketika ada disana).

Kesimpulannya penggunaan for, during dan while ternyata berbeda dalam sejumlah struktur kalimat. For atau during sebagai kata depan akan diikuti kata benda (noun) sedangkan kata while sebagai kata penghubung (conjunction) diikuti dengan sebuah kalimat yang terdiri dari subject dan verb.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN