Mohon tunggu...
Iwan Budiman
Iwan Budiman Mohon Tunggu... Insinyur - Insinyur pada perusahaan Swasta

Penyuka segala jenis teknologi dan ilmiah. Juga menggemari sejarah, karya fiksi ilmiah, dan cerita petualangan. Gemar merakit diorama LEGO. Mencoba untuk belajar fotografi dan memasak tetapi tidak memiliki waktu yang mencukupi. Lulusan S1 Teknik Kimia dari University of New South Wales dan S2 Teknik Lingkungan dari University of New South Wales.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Lego yang Terbuat dari Plastik Daur Ulang

8 Agustus 2021   11:43 Diperbarui: 8 Agustus 2021   12:35 114 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lego yang Terbuat dari Plastik Daur Ulang
Merubah Plastik Bekas Jadi LEGO | Sumber Foto: The LEGO Group

Plastik, sebuah produk ciptaan zaman moderen yang sangat banyak membantu umat manusia. Plastik banyak digunakan di mana saja, untuk apa saja dan sangat membantu di dalam kehidupan sehari-hari. Coba sekarang lihat sekeliling anda, hampir semua benda yang anda gunakan terbuat dari plastik atau memiliki campuran bahan plastik. 

Akan tetapi kita tentu juga mengetahui dampak buruk dari plastik terutama usia plastik yang sangat panjang dan tidak dapat dengan mudah hancur di tempat pembuangan sampah akhir. Belakangan ini dunia mulai merasakan dampak plastik di segala aspek dari pencemaran pada daratan hingga mengancam kehidupan biota laut. 

LEGO Dari Plastik Daur Ulang | Sumber Foto: The LEGO Group
LEGO Dari Plastik Daur Ulang | Sumber Foto: The LEGO Group

Oleh karena itu, Perusahaan LEGO berkomitmen untuk menciptakan produk mereka menggunakan plastik daur ulang dari LEGO loh! Mereka saat ini telah selesai melakukan Riset dan Pengembangan tahap pertama dan sepertinya mulai memberikan hasil yang akan membantu mengurangi pengunaan plastik baru pada produksi mereka.

Setelah meneliti sekian banyak tipe plastik PET yang beredar saat ini serta beragam formulasi dari plastik PET oleh tim yang berjumlah 150 orang, Perusahaan LEGO telah berhasil memfabrikasi prototipe dari LEGO yang terbuat dari plastik daur ulang ini yang menyerupai LEGO dari bahan plastik biasa. 

Membuat LEGO Dari Plastik Daur Ulang | Sumber Foto: The LEGO Group
Membuat LEGO Dari Plastik Daur Ulang | Sumber Foto: The LEGO Group

Tentunya tidak serta merta semua LEGO akan langsung dibuat dari plastik daur ulang. Tentunya dibutuhkan Riset dan Pengembangan lebih lanjut sebelum pada akhirnya mainan LEGO dari bahan daur ulang ini dapat diluncurkan di pasaran. Langkah yang dilakukan oleh Perusahaan LEGO ini tentunya sangat menarik karena dengan menggunakan plastik daur ulang akan membantu mengurangi penambahan plastik baru di bumi.

Sumber: 1 2



Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan