Mohon tunggu...
IWAN PERALA
IWAN PERALA Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA POLBANGTAN MEDAN

siapa yang bersunggu-sungguh pasti mendapat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kriteria Panen Tanaman Perkebunan Kopi

4 September 2022   08:11 Diperbarui: 4 September 2022   08:40 154 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mendengar kata kopi apa yang dapat kita bayangkan ? Hitam,pahit, hangat, aroma semerbak. 

Kopi adalah jenis tanaman perkebunan yang sangat Populer dengan olahan buahnya menjadi secangkir kopi yang nikmat sehingga muncul Tren minum kopi di berbagai kalangan terkhusus dikalangan anak  muda, merupakan gaya hidup sembari ngobrol, berdiskusi.Apalagi ditempat tersebut dilengkapi dengan fasilitas internet (wifi) dan live musik.

Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang baik maka perlu memperhatikan proses pemanenan terkhusus mengetahui kriteria panen pada kopi.

Pemanenan merupakan hal penentu kualitas kopi selanjutnya,buah kopi yang dipetik yang merah saja.Hindari kebiasaan yang salah memetik buah yang muda dan kuning.

Lakukan hal yang penting sebelum awal panen dengan memetik semua buah yang terserang hama dan penyakit biasanya pada bulan Agustus dan September.

Dan juga melakukan pembersihan lahan dari gulma dan seresah daun kopi. Hal tersebut dimaksudkan agar pemetik dapat bekerja dengan leluasa dan buah kopi yang jatuh akan kelihatan dan dapat segera dipungut.

Kematangan buah kopi juga dapat dilihat dari kekerasan dan komponen senyawa gula didalam daging buah. Buah kopi yang masak mempunyai daging buah lunak dan berlendir serta mengandung senyawa gula yang relatif tinggi sehingga rasanya manis. 

Sebaliknya daging buah muda sedikit keras.tidak berlendir dan rasanya tidak manis karena senyawa gula masih belum terbentuk maksimal. 

Sedangkan kandungan lendir pada buah yang terlalu masak cenderung berkurang karena sebagian senyawa gula dan pektin sudah terurai secara alami akibat proses respirasi.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi  para pembaca terkhusus para penikmat kopi dalam mengetahui kriteria panen kopi yang baik sehingga mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan