Mohon tunggu...
Ivan Mardiansyah
Ivan Mardiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - vanroseinside

melawan dengan literasi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jangan Panik Jika Handphone Tiba-tiba Mati Total

20 September 2021   08:38 Diperbarui: 20 September 2021   08:44 870
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kondisi 1.seperti ini

Pengalaman ini saya bagikan berdasarkan dengan apa yang telah saya alami. Jadi baru-baru ini saya beberapa kali mengalami Hp yang tiba-tiba mati saat melakukan restar boot,yang pertama saya alami adalah saat masuk pada boot, stak di logo dan ada garis-garis hijau seperti matrix,apakah saya panik? 

Pastinya,karna kondisi seperti itu cukup lama,kurang lebih 10 menit. Tapi saat itu saya pun tidak dapat berbuat apa-apa,hanya banyak berdoa dan berharap kondisi Hp bisa normal kembali dan alhamdulillah doa saya terkabul,setelah menatap dan mendoakan,akhirnya Hp saya kembali normal dan berhasil masuk ke menu awal tanpa saya menyentuhnya. Hari-hari aktifitas saya bersamanya kembali normal. 

Namun setelah beberapa minggu kemudian saya kembali melakukan restar pada Hp saya,karna saya merasa Hp,sudah mulai cepat panas dan agak lemot,nah pada kejadian kedua inilah saya merasakan lebih panik,karna pada saat proses restar tidak terjadi apa-apa boot logo tidak muncul,itu artinya Hp blank hitam tanpa kehidupan. 

Pada kondisi ini saya mencoba tenang karna sedikit-sedikit saya punya pengetahuan dasar dalam melakukan traouble shooting pada kasus ini ,dan akhirnya saya pun melakukan hal-hal standar dalam mengatasi Hp yang blank. 

Yang pertama : menekan tombol power kurang lebih 30 detik sampai ada denyut/getaran pada Hp,jika itu terjadi maka permasalahan tidak terlalu serius,karna jelas masih ada denyut. 

Jika hal pertama tidak terjadi apa-apa atau tidak ada tanda-tanda kehidupan maka kita coba lakukan langkah sslanjutnya,nah yang saya alami adalah pada langkah pertama tadi,saya tidak mendapati tanda-tanda kehidupan dari Hp,maka saya wajib melakukan langkah/percobaan berikutnya (sambil mulai panik dan dak dik dug). 

Langkah/percobaan kedua adalah dengan melakukan restar paksa (force restar),dengan cara menekan tombol up volome+power secara bersamaan kurang lebih 30 detik sampai ada tanda-tanda kehidupan denyut/getar pada Hp. Alangkah terkejutnya saya dengan percobaan kedua ini saya tidak juga mendapati adanya tanda-tanda kehidupan(kepanikan bertambah dan pasrah). 

Jika kedua langkah dasar tersebut sudah kita lakukan namun tidak terjadi apa-apa itu berarti menimbulkan banyak kemungkinan masalah yang terjadi pada Hp tersebut. 

Beberapa kemungkinannya adalah : Hp kerusakan pada baterai,kerusakan pada layar,kerusakan pada baterai konektor,bisa juga karna serangan virus dan yang terparah adalah kerusakan pada hardware  dan beberapa kemungkinan lain. 

Pada titik ini adrenaline saya meningkat,sambil terus berharap dan mencoba hal-hal sederhana dengan harapan Hp bisa hidup kembali. Waktu berlalu sudah satu jam lebih tanpa ada hasil apapun,setengah pengharapan saya letakan pada titik bahwa Hp saya mati total dan solusi termudahnya adalah membawa ke tempat service Hp. 

Namun setengah lagi dari pengharapan saya adalah bahwa Hp ini masih bisa diselamatkan dengan tangan saya sendiri. Jadi saya memutuskan untuk melewati 1x24 jam dalam usaha saya memperbaikinya,setelah melewati beberapa jam tanpa hasil,akhirnya saya lakukan hal sederhana sampai waktu 1x24 terlewati dengan mengecas Hp tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun