indah pede

One Day Trip to Bontang

13 Juni 2016   13:00 Diperbarui: 13 Juni 2016   14:51 44
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Memasuki semester 6, dimana semester ini memasuki semester akhir bagi mahasiswa angkatan 2016. Para dosen kebanyakan hanya memberi tugas besar kepada mahasiswa untuk menggantikan nilai UAS. Karena untuk mahasiswa semester 6 sudahlah harus pandai dalam hal praktek. Tidak lepas dengan salah satu dosen yang mengampu 3 (tiga) mata kuliah, yaitu Ibu Khairunissa. Pada tanggal 23 Mei 2016, tepatnya hari kamis kami di kumpulkan di ruang 14.

Beliau memberitahukan bahwa akan mengadakan Kuliah Umum untuk memenuhi 3 nilai Uas (Strategi Perencanaan Humas, Penulisan humas, dan Komunikasi Bisnis). Salah satu kuliah umum akan dilaksanakan di Bontang, sontak kami (mahasiswa) pun senang mendengar berita tersebut. Karena selain mendapatkan ilmu, kami juga mendapatkan sedikit liburan dalam perjalanan tersebut. Akhirnya Kuliah umum di Bontang ditetapkan pada tanggal 30 Mei 2016.

Saat itu langit masih gelap, jelas saja jam masih menujukkan waktu 05.00 Pagi. Kami semua diminta untuk berkumpul jam 5 pagi di kampus, untuk keberangkatan kebontang. Saat itu baru terlihat beberapa orang dari kelas Ilmu Komunikasi B, bahkan orang-orang yang meminta berkumpul jam 5 pun belum terlihat kehadirannya. Beberapa saat kemudian, satu demi satu mahsiswa Ilmu Komunikasi A maupun B berdatangan. Dan ada satu kejadian lucu saat itu, teman satu kelas saya Solihin terjatuh saat mengendarai motor menuju Gedung Dekanat.

Ia terlalu bersemangat ketika sampai di gedung dekanat, sehingga membuat motornya oleng lalu ngepot. Kami pun tertawa melihat ia terjatuh, tentu saja kami membantunya bangun terlebih dahulu. Untung saja itu hanya kecelakaan kecil, dan ia hanya terjatuh ringan, hingga kami bisa menertawakan kejadian tersebut dan tidak ada kerusakan atupun luka-luka pada teman kami yang berbadan gempal itu.

Setelah semua mahasiswa berkumpul, kami pun mengawalinya dengan doa bersama sebelum keberangkatan menuju Bontang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas A dan B dengan total ±130 orang, dibagi dalam 5 bus dan dalam 1 bus bercampur kelas A dengan B untuk mempererat keakraban antar kelas.

Saya pun mendapat bus nomor 2, awalnya saya sangat exciteddengan perjalanan menggunkan bus. Namun setelah masuk kedalam bus dan duduk dikursinya. Saya merasa sedikit kecewa, karena dudukan dari bus yang muat untuk dua orang tersebut sangatlah sempit. Sehingga saya sangat yakin, perjalanan dengan durasi 4 jam tersebut akan sangat melelahkan, mengingat badan saya yang lumayan besar untuk duduk dikursi yang sempit tersebut.

Perjalanan dimulai sekitar jam 06.00 pagi, saat itu langit sudah mulai kebiruan dan mentari mulai bersinar sedikit demi sedikit. Diperjalanan, saya dan teman saya memutuskan untuk tidur, dan saya berusaha untuk tidak terjatuh dari kursi saat tertidur. Saya sempat terbangun karena supir bus yang tiba-tiba mengerem, teman saya yang duduk dikursi sebelah hanya bisa menatap saya datar. Supir bus kami membawa kami secara ugal-ugalan, membuat jantung kami berdebar dan berharap bisa sampai dengan selamat di bontang.

Setelah ±4jam, kami sampai sekitar pukul 09.00 di bontang. Kunjungan pertama kami saat itu adalah PT. Badak LNG, kami pun diantar menuju pendopo untuk mengikuti Kuliah Umum. Saat itu kuliah umum berjalan lancar, beberapa teman kami juga bertanya saat dilakukan sesi Tanya-jawab. Setelah kuliah umum selesai, kami di ajak untuk melakukan tour didalam lingkungan PT. Badak LNG, kami diangkut dengan menggunakan bus. Perwakilan dari PT. Badak melarang kami untuk membawa alat-alat elektronik.

Dalam perjalanan tour PT. Badak, mas Farhan sebagai tour guide kami mejelaskan satu demi satu apa-apa saja mengenai PT. Badak LNG. Saya takjub dengan apa yang ada didalam lingkungan PT. Badak tersebut, kawasan tersebut membuat saya seperti berada di luar negeri dengan lingkungan yang bersih. Kuliah umum pertama di PT. Badak LNG diakhiri dengan sesi photo bersama.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan menujur PKT, untuk melakukan kuliah umum lagi digedung Kopkar PKT. Kuliah umum tersebut berlangsung lancar dan juga dilakukan sesi Tanya-jawab, pada kuliah umum kedua kami diberikan materi mengenai perjalanan Kooprasi tersebut dari bermodal sedikit hingga bias sukses seperti sekarang.

Setelah menyelesaikan kuliah umum, kami dibawa menuju Bontang Kuala untuk menghibur diri setelah perjalan panjang dan 2 kuliah umum. Disana kami bersenang-senang, mengambil foto dan sekedar minum-minum jus sembari menikmati pemandangan laut yang diberikan Bontang Kuala. Jika dihtung-hitung kami menghabiskan total 10 Jam perjalanan duduk di bus dengan tempat duduk yang sempit tersebut. Namun semua lelah itu terbayar dengan pengalaman dan ilmu yang didapat, ilmu yang diberikan para pemateri dari dua perusahaan besar di Bontang, liburan singkat di bontang Kuala, dan cerita diperjalaan yang sangat menarik untuk dikenang.