Mohon tunggu...
Ita Fitriyah
Ita Fitriyah Mohon Tunggu... Guru - Selalu ada

Tetep semangat terus

Selanjutnya

Tutup

Money

Perkembangan Analisis SWOT Efektif dan Analisis Industri

17 April 2020   16:46 Diperbarui: 17 April 2020   16:48 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Ada yang tau tidak analisis efektif dan analisis industri,kalo belum tau yukk joing baca terus sampek terakhir

Analisis SWOT efektif adalah, pendiri dan pemimpin perusahaan perlu terlibat secara mendalam. Ini bukan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Tetapi, peimimpin peruahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan sendiri. Untuk hasil terbaik, kumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan Anda, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki bagian dalam hal ini.

Perusahaan yang inovatif bahkan melihat di luar jajaran internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka ke dalam pertimbangan keputusan bisnis.

Di sini ada 4 Komponen analisis SWOT,yaitu:

  • Strength (Kekuatan) atau disingkat dengan "S", yaitu karakteristik organisasi ataupun proyek yang memberikan kelebihan / keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Weakness (Kelemahan) atau disingkat dengan "W", yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan pada organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Opportunities (Peluang) atau disingkat dengan "O", yaitu Peluang yang dapat dimanfaatkan bagi organisasi ataupun proyek untuk dapat berkembang di kemudian hari.
  • Threats (Ancaman) atau disingkat dengan "T", yaitu Ancaman yang akan dihadapi oleh organisasi ataupun proyek yang dapat menghambat perkembangannya.

Analisis SWOT bisa digunakan dalam semua sektor, termasuk ekonomi. Hampir semua perusahaan menggunakan analisis SWOT. dengan itu kita tahu kekurangan dan kelebihan produk atau perusahaan. Contoh, kalau kita punya perusahaan harus tahu kekuatan dan kekurangan perusahaan kita dan orang lain. Semakin banyak kekurangan perusahaan lain, maka semakin besar kekuatan perusahaan kita. Sangat banyak orang penjual kopi, maka kita harus menganalisis kekurangan yang dimilikinya, sehingga bisa menjadi kekuatan di kopi kita.


Analisis SWOT itu juga bisa di terapkan dalam semua bisnis tanpa terkecuali, jadi gini analisis SWOT itu kebanyakan dibutuhkan dalam konteks organisasi, bisnis, usaha, ataupun kepribadian diri, dan kita sebagai pembisnis itu harus memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai masing-masing, jadi  Otomatis kita membutuhkan strategi yang baik dalam mewujudkan tercapainya semua tujuan tersebut.
Nah jika kita berbicara mengenai usaha, organisasi atau kepribadian diri, atau bisnis yang sedang kita jalankan, maka diantara tujuannya tersebut kebanyakan,mengakuisisi market lewat produk dan jasa yang kita tawarkan. Dalam konteks personal, maka SWOT dapat kita gunakan untuk pengembangan diri ataupun karir dalam jangka panjang agar bisnis nya tetap berjalan dengan lancar.

              Jika kita kesulitan Dalam mengalisa kekurang yang ada dalam bisnis kita. Kita bisa lihat perkembangan bisnis yang kita jalankan. Dan kita juga bisa melihat  apakahan rencana yang kita rangkai dari awal itu sudah sesuai atau tidak dengan penerapanx bisnis kita. Sehingga dari perkembangan bisnis kita itu bisa menjadi kunci untuk kita melihat kekurangan atau ancaman yang ada dalam bisnis kita..

Dalam Analisis industri,pada dasarnya adalah penilaian terhadap peluang dan ancaman lingkungan kompetitif yang dapat mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Lingkungan kompetitif mempengaruhi profitabilitas sebuah industri, yang pada akhirnya berpengaruh juga terhadap yang didapat perusahaan. 

investor mencoba memperbandingkan kinerja dari Berbagi industri. Untuk bisa mengetahui jenis industri apa yang. Memberikan prospek yg menjanjikan atau sebaliknya.

 Jadi begini saya sedikit menambahkan apakah analisis industri wajib di lakukan dalam semua bentuk bisnis, menurut saya iya karena analisis industri adalah sebuah cara yang di lakukan untuk membandingkan kinerja dari sebuah industri, dan dari sini kita akan mengetahui mana yang mempunyai prospek bagus dan mana yang tidak, sehingga ketika kita menjalani bisnis kita tau bisnis apa yang mempunyai prospek yang bagus, mungkin seperti itu.

Hanya itu sajah dalam penjelasan saya dari perkembangan analisis SWOT efektif dan analisis industri...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun