Mohon tunggu...
ITA HAFIEDH
ITA HAFIEDH Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP

Guru Matematika smp di jakarta timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Mengikuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 1 Tahun 2020

7 Februari 2020   15:40 Diperbarui: 7 Februari 2020   15:50 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama saya Ita, M.Pd. Saya mengajar matematika di SMP Negeri  233 Cibubur Jakarta Timur. Menjadi guru adalah cita -- cita saya sejak kecil. Menjadi guru bagi saya adalah pekerjaan yang mulia. Melihat murid -- murid saya dapat memahami apa yang saya sampaikan adalah sebuah kebahagian tersendiri bagi saya. Mengajar di kelas dalam era canggih seperti sekarang tidak hanya bisa kita lakukan di kelas dengan menggunakan media nyang seadanya. Guru harus terus mengembangkan diri agar bisa menyampaikan materi dengan cara yang menarik. Oleh karena itu, saya membutuhkan terobosan yang dapat membantu saya dalam mengajar murid-murid denganbaik dan menyenangkan.

Saya mengenal E-training Guru Melek IT ini sejak tahun 2014. E-training Guru Melek IT yang saya ikuti kali ini adalah yang keempat . Selalu ada semangat baru tiap mengikuti e-training ini. E-training ini diikuti oleh berbagai guru dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan e-training ini membuat yang jauh terasa dekat. Dengan mengikuti e-training ini saya semakin sadar akan kekurangan diri ini sebagai guru.

Guru adalah pribadi yang harus terus -- menerus belajar agar semakin banyak ilmu yang bisa dia transfer kepada murid -- muridnya. Sehingga kebutuhan akan kegiatan pengembangan diri merupakan hal yang mutlak harus dilakukan oleh seorang guru. Di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, seorang guru harus mahir menggunakan teknologi pada proses pembelajaran di kelas. Menurut Permenpan dan reformasi birokrasi no.16 tahun 2009 pasal 11 menyatakan bahwa seorang guru tidak cukup melakukan mengajar dan menilai tetapi juga harus melakukan PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang terdiri dari pengembangan diri, publikasi dan inovasi.

Kegiatan e-training yang dilakukan secara online sangat membantu saya dalam mengembangkan diri di sela-sela kesibukan saya di sekolah. Saya dapat terus mengembangkan diri tanpa harus meninggalkan murid-murid di kelas. Sementara tuntutan untuk terus mengembangkan diri adalah sesuatu yang harus dilakukan. Dengan diterapkannya kurikulum 2013, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  menjadi semakin dibutuhkan oleh guru dalam pembelajaran. Guru diharapkan dapat terus berinovasi dan dapat menggunakan teknologi dalam mengajar di kelas.

Kemampuan anak -- anak dalam hal teknologi semakin canggih bahkan mereka lebih cepat menyerap informasi melalui internet. Jika kita sebagai guru masih tidak mau berpindah dari cara lama ke cara baru, maka tidak heran akan sering kita temui anak -- anak yang bosan belajar di kelas. Tuntutan untuk selalu belajar dan mengajar mengikuti perkembangan zaman inilah yang menjadi salah satu motivasi bagi saya untuk bergabung sebagai peserta E-training Guru Melek IT . E-training yang saya ikuti sekarang berjudul: "Inovasi Pembelajaran Quizword Interaktif, Sidebook, NoHands dan Coverbox untuk Pendidikan." Bagi saya ini sesuatu yang baru dan akan sangat membantu saya  salah satunya  dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran.

Semoga dengan mengikuti e-training ini saya dapat membuat soal menggunakan Quizword Interaktif, sehingga dapat membantu saya dalam kegiatan evaluasi dan dalam kegiatan pembelajaran. Saya mengajak kepada para guru untuk terus mengembangkan diri demi kemajuan dunia pendidikan kita, demi masa depan yang lebih baik. Semoga saya bisa menjadi guru yang lebih baik dan bisa terus memperbaiki kualitas saya sebagai guru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun