Mohon tunggu...
isnnwidianti
isnnwidianti Mohon Tunggu... Mahasiswa Unisa Ilmu Komunikasi

Big Universe

Selanjutnya

Tutup

Wisata

DANAU POSO & BIOTA KHASNYA

24 Januari 2021   13:17 Diperbarui: 24 Januari 2021   15:39 71 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
DANAU POSO & BIOTA KHASNYA
(foto: Anisa Safitri Rusdin)

Di siang yang terik, dan udara segar dari deburan  ombak danau yang cukup tenang, berhasil membuat anak rambut yang tidak ikut terikat di kepala tersapu membelai pipi menambah kesyahduan semilir angin Danau Poso, tanah Pamona. Danau Poso sangat berbeda dengan danau pada umumnya, Danau Poso, danau unik berpasir putih yang terletak di perlintasan jalan Trans-Sulawesi menuju Tentena dan kota Poso yang kerap kali dimanfaatkan untuk persinggahan. jika biasanya kita bisa menemukan pemandangan hamparan pasir putih dan gelombang laut di bibir pantai, maka sekarang ada pemandangan yang cukup berbeda, kita hanya perlu berdiri di dermaga danau, namun pemandangan laut yang terlihat. Ya itulah salah satu keunikan Danau Poso.

Dilanjut dengan menyisiri bibir pantai, terlihat danau ini memiliki potensi besar menjadi pusat pariwisata yang lebih baik lagi, jika dilihat belum sepenuhnya potensi Danau Poso tergali, bahkan penataan akomodasi dan infrastruktur sekitar Danau Poso masih bisa dikembangkan lagi.

Promosi pariwisata dalam negeri sangat berperan penting dalam mendongkrak pengenalan Danau Poso, danau ini memiliki keindahan alam yang alami dan kelestariannya masih terjaga.

Sementara itu di Danau Poso sendiri ada sejenis ikan sidat atau yang disebut sogili dan terbesar di dunia. Hewan yang kerap disebut sebagai belut air tawar atau sidat ini memang menu khas andalan. Seiring berjalannya waktu sogili memiliki kelangkaan, langkanya sogili disebabkan oleh perubahan ekosistem Danau Poso. Makin hari, makin banyak ikan dari luar daerah yang dimasukkan ke Danau Poso. Ikan mas atau karper serta ikan nila yang dibudidayakan justru menjadi predator bagi ikan-ikan endemik Danau Poso sendiri.

Namun dalam pengembangan sektor pariwisata ini juga diperlukan peran dari pemerintahan yaitu dengan melakukan perencanaan yang matang dan baik oleh pemerintah daerah untuk mensukseskan program promosi wisata yang ada.

Dalam pengembangan pariwisata ini pula  tidak hanya pemerintah saja yang berkontribusi melainkan berbagai pihak dari sektor lapisan pemerintah hingga masyarakat. Perencanaan pengembangan pariwisata dalam tahapannya pertama-tama perlu adanya infrastruktur yang mendukung guna melancarkan mobilitas wisatawan dan ekonomi masyarakat. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x