Kesehatan

Partisipasi Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemberian Imunisasi MR

12 Januari 2019   04:27 Diperbarui: 12 Januari 2019   04:33 160 0 0
Partisipasi Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemberian Imunisasi MR
dokpri

Haloo...
Sudah pernah dengar belum nih tentang vaksin MR!? Hayo.. Apa nih vaksin MR itu!? Perlukah kita melakukan imunisasi MR?


Informasi penting nih mengenai vaksin MR!

Vaksin MR diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus measles (campak) dan rubella (campak jerman). Virus ini biasanya menyerang anak - anak. Maka dari itu perlu melakukan imunisasi MR sedini mungkin.


Apa saja gelaja yang ditimbulkan!?


Gejala campak dimulai dengan demam tinggi, anak tampak sakit berat, disertai batuk dan pilek, bisa ditemui muntah dan mencret. Gejala lanjutannya adalah dengan munculnya ruam kemerahan dimulai dari wajah lalu ke seluruh tubuh. Kemudian mata terlihat kemerahan dan bibir pecah - pecah.
Gejala rubella dimulai dengan demam ringan, anak terlihat sakit ringan yang diikuti dengan munculnya ruam kemerahan yang dimulai dari wajah dan meluas ke seluruh tubuh. Jika diraba di leher bagian belakang, terasa ada pembesaran kelenjar getah bening.
 

Jika anak - anak mengalami gejala - gejala seperti di atas, maka perlu memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.


Nah... Kegiatan imunisasi MR ini memang perlu kerja sama dari banyak pihak. Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi demi terselenhgaranya pencegahan virus MR. Seperti yang dilakukan oleh Bupati (Jhon Richard Banua) dan wakil bupati (Marthin Yogobi) Jayawijaya di distrik Silo Sukarno Doga turun langsung memberikan dukungan kepada masyarakat agar para orang tua membawa anaknya ke puskesmas guna diberikan imunisasi MR ini. 

Agenda seperti ini perlu diadakan agar masyarakat merasa diperhatikan oleh pemerintah mengenai kesehatan mereka karena masyarakat secara langsung berinteraksi dengan bupati dan wakil bupati mereka. Apalagi Bupati dan wakilnya berpartisipasi untuk membagikan susu ultra dan telur kepada anak - anak yang telah mendapatkan imunisasi tersebut.

Respon masyarakat Silo Sukarno Doga terhadap kegiatan ini sangat baik terlihat dengan banyaknya anak - anak dan masyarakat yang datang berbondong - bondong ke puskesmas untuk diberikan imunisasi. Pemerintah berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih baik lagi ke depannya.