Mohon tunggu...
Isnaeni
Isnaeni Mohon Tunggu... Guru - Belajar dengan menulis.

Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Memandang Kota Cipanas dan Sekitarnya dari Gunung Kasur

7 Mei 2022   04:29 Diperbarui: 8 Mei 2022   13:03 254 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemandangan Kota Cipanas 

Mudik lebaran sebentar lagi akan berakhir. Sisa liburan setelah berkunjung ke sanak saudara bisa dimanfaatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata di sekitar tujuan mudik anda.

Banyak tempat wisata menawarkan atraksi-atraksi baik alam maupun tempat permainan. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Kota Cipanas Kabupaten Cianjur. Mulai dari Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, dan sekarang ada tempat-tempat wisata baru dibangun di sekitarnya. Tujuan wisata semakin beragam dan pengunjung bisa memilih sesuai dengan selera masing-masing. 

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati tempat wisata juga semakin beragam. Dari yang murah meriah sampai mahal tak terjangkau saku orang kebanyakan. Harga sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Semakin lengkap fasilitasnya, semakin mahal harganya.

Penulis merekomendasikan suatu tempat yang kompasianer bisa melihat kota Cipanas dan Puncak dengan leluasa. Tempat itu tak jauh dari Kota Cipanas dan bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Tempat itu berupa bukit yang bernama Gunung Kasur. Dari Gunung kasur yang memanjang di tengah dataran, kita bisa memandang kota Cipanas dan wilayah puncak pass serta sisi yang lainnya wilayah sekitar Taman Bunga Nusantara.

Gunung Kasur bisa dijangkau dari sekitar Taman Bunga melalui jalan sebelum Pabrik Pyridam, namun jalannya cukup menanjak. Demikian pula dari arah Cipanas, gunung kasur bisa dijangkau melalui daerah Gadog (sekitar Cipanas) dan jalan inilah yang paling dekat dan tak terlalu menanjak. 

Bagi anda yang suka berkemah, di tempat ini tersedia area berkemah yang cukup nyaman, karena selalu dibersihkan oleh pengelola tempat ini secara bergantian setiap bulannya. Sehingga kita bisa berkemah sambil memandang kerlap-kerlip lampu kota cipanas dan sekitarnya. Demikian pula dengan keamanannya, di sekitar tempat kemah selalu ada penjaga piket malam.

Selain menawarkan pemandangan yang memukau dan juga arena kemah, di ujung bukit terdapat makam keramat yang juga sering dikunjungi pengunjung. Makam ini keramat ini merupakan salah satu situs sejarah di Kabupaten cianjur. Jalan untuk menuju makam ini lumayan menanjak dan dari jalan inilah kita akan melihat pemandangan yang sangat memukau, yaitu melihat dua sisi bukit. 

Setelah dikelola pihak desa, jalan menuju tempat ini dicor sampai tempat parkir. Kita hanya dipungut Rp. 3000 per orang dan ketika sampai tempat parkir dipungut biaya Rp. 3000 per kendaraan. Biaya ini menurut saya cukup murah meriah dibandingkan tempat-tempat wisata lain.

Untuk keperluan makan dan minum, kita bisa membeli di warung sekitar tempat parkir. Karena penjaga warung ini sekaligus pelaksana  pengelola tempat wisata. Tersedia juga kamar mandi dan WC yang tentunya sangat dibutuhkan oleh pengunjung. Demikian juga terdapat saung yang nyaman yang bisa digunakan untuk makan bersama atau menikmati makanan yang kita beli. atau sekedar berleha-leha santai setelah capek berjalan-jalan melihat pemandangan sekitar gunung kasur.

Perjalanan menuju makam yang menanjak bisa merupakan trek yang menantang untuk pejalan kaki, namun akan terbayar dengan pemandangan yang indah. Di dekat makam ada batu yang cukup lebar seperti kasur dan mungkin ini pula yang menyebabkan tempat ini disebut gunung kasur. Batu-batu yang besar bisa banyak ditemukan di tempat ini.

Walaupun tempat ini bisa dijangkau dengan mudah dari cipanas baik dengan kendaraan beroda dua atau beroda empat, namun teman penulis yang berasal dari Bogor tidak bisa menemukan Gunung Kasur ini. Padahal lokasinya tepat di atas perumahan/Vila Apel Gardena (dulu Green Apple). Tapi bila menanyakan ke orang sekitar tentunya akan mudah ditemukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan