Mohon tunggu...
Muhammad Ismail
Muhammad Ismail Mohon Tunggu... mantapjiwa

Masih Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Bisnis Ikan Cupang Naik Daun di Masa Pandemi, Berapa Lama Akan Bertahan?

19 November 2020   09:52 Diperbarui: 20 November 2020   01:20 680 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bisnis Ikan Cupang Naik Daun di Masa Pandemi, Berapa Lama Akan Bertahan?
Ikan cupang selain dikenal sebagai ikan hias juga sebagai ikan petarung.(KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIM)

Di masa pandemi seperti sekarang ini sektor perekonomian menjadi terpuruk, mengakibatkan banyak usaha atau bisnis yang gulung tikar. Namun uniknya usaha atau bisnis budidaya ikan cupang justru naik daun dan semakin banyak peminatnya. 

Tidak hanya kaum adam saja yang kepincut dengan ikan cupang ini, tapi kaum hawa juga menyukai ikan cupang yang semakin beragam jenis dan warnanya.

Pelaku usaha budidaya ikan cupang ini dapat menghasilkan hingga puluhan juta rupiah dalam sebulan. Angka yang penulis rasa cukup banyak di masa perekonomian yang sulit saat ini terlebih ketika Indonesia sudah memasuki fase resesi.

Banyak pelaku bisnis yang pindah haluan ke budidaya ikan cupang karena melihat besarnya peluang setelah meningkatnya peminat ikan yang anggun nan cantik ini. 

Hebohnya tren memelihara ikan cupang sendiri tidak lepas dari pandemi Covid-19 yang memaksa orang banyak menghabiskan waktu di rumah. Kondisi seperti ini membuat orang bosan bahkan hingga stres. 

Untuk melawan rasa bosan dan stres tersebut masyarakat akhirnya memelihara ikan cupang sebagai obat penenang hati dan pikiran karena keindahan tubuh dan warnanya.

Tren memelihara ikan cupang seperti ini sempat terjadi di awal tahun 2000-an. Di mana saat itu situasinya sama persis seperti saat ini. Namun jenis ikan cupang belum banyak seperti sekarang, hanya ikan cupang jenis serit dan bangkok saja yang ramai di pasaran. 

Tapi sekarang jenis ikan cupang semakin beragam seperti ikan cupang nemo, ikan cupang blue rim, ikan cupang koi, ikan cupang lavender, dan masih banyak lagi.

Hal ini disebabkan oleh eksperimen yang dilakukan oleh para pembudidaya ikan cupang dengan cara mengawinsilangkan antar jenis ikan cupang yang berbeda sehingga menghasilkan jenis baru yang sebelumnya belum ada. 

Harga ikan cupang yang beredar di pasaran saat ini berkisar dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tiap ekornya, harga yang fantastis ini bergantung pada jenis dan kualitas ikan cupang itu sendiri. 

Menurut penulis, ikan cupang jenis blue rim dan avatar adalah yang paling diminati oleh penghobi saat ini. Harga tiap ekornya mulai dari 100 ribu rupiah hingga Rp 2 juta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x