Mohon tunggu...
Isky Fatimah
Isky Fatimah Mohon Tunggu... an L

Pecinta warna biru yang hobinya ngobrol sama diri sendiri sebelum tidur.

Selanjutnya

Tutup

Love Artikel Utama

"Split Bill" Saat Kencan Pertama, Yay or Nay?

19 April 2021   15:16 Diperbarui: 19 April 2021   21:33 618 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Split Bill" Saat Kencan Pertama, Yay or Nay?
Split Bill saat kencan pertama. Bikin Ilfeel atau justru merasa nyaman? Foto: CONOCER CIANCIA via grid.id

Split Bill merupakan metode pisah pembayaran dimana saat pertemuan antara 2 orang atau lebih mereka akan membayar tagihannya sendiri-sendiri.

Misal, jika kita makan berdua dengan teman kita, masing-masing akan membayar sesuai dengan tagihan makanannya. Bukan berarti jumlah seluruh tagihan dibagi dua, ya.

Metode split bill ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Apalagi untuk anak zaman now yang hobinya nongkrong bareng teman di restauran, cafe, bahkan di warung kopi sekalipun.

Biasanya, sebelum pergi ke kasir untuk membayar, mereka akan meminta bon/struk/rincian tagihan terlebih dahulu.

Setelah melihatnya, maka masing-masing orang akan mengeluarkan uang sesuai dengan jumlah tagihan yang dimakan masing-masing. Mereka bertanggung jawab atas jumlah tagihannya sendiri.

Setelah dikumpulkan, biasanya aka nada akuntan dalam grup yang bertugas untuk membayar ke kasir dan akan kembali dengan sisa kembalian yang siap di bagikan secara merata. Hehe, seru ya.

Baca: Pengalaman Kompasianer Nugroho Dwi Priyohadi saat Split Bill bersama temannya.

Ilustrasi keriuhan saat hitung-hitung jumlah tagihan saat makan bersama teman-teman. Sumber Foto: Shutterstock/Syda Productions
Ilustrasi keriuhan saat hitung-hitung jumlah tagihan saat makan bersama teman-teman. Sumber Foto: Shutterstock/Syda Productions
Metode ini memang terkesan ribet, apalagi jika kita berada di grup dengan anggota yang banyak. Wah, kebayang deh tuh ramainya saat kita hitung-hitungan di meja makan.

Tapi ternyata metode split bill ini sangat baik dilakukan agar kita tidak terbiasa untuk bergantung dengan orang lain. Metode ini bisa menghindari persoalan utang-piutang antar teman.

Bayar makan sendiri saat hangout bersama teman memang sudah menjadi hal umum dan bukan hal yang harus diperdebatkan lagi.

Tapi bagaimana jika metode split bill ini diterapkan di saat kencan pertama?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN