Mohon tunggu...
Ali Warsito
Ali Warsito Mohon Tunggu... Seniman

Apa adanya, Mengalir Seperti Air

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Pasar Gusar Terjepit Covid?

29 April 2020   20:07 Diperbarui: 29 April 2020   20:05 8 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pasar Gusar Terjepit Covid?
(Dokumen pribadi)

Bae Sonde Bae

Setiap akhir pekan, saya antar istri ke pasar Oesapa. Pasar komplit dengan segala rupa dagangannya. Dari komoditas sayur mayur dan buah yang dibawa orang dari atas (sebutan untuk gunung dan hutan), sampai melimpahnya ikan tangkapan nelayan yang berdomisili di bawah (pesisir pantai). 

Saat istri sedang berkeliling membeli kebutuhan untuk sepekan, saya biasa jalan-jalan melihat orang berjualan atau duduk-duduk di tepi pantai. Setiap kesempatan itulah saya sering mendengar harga-harga bahan makanan seperti sayur mayur, buah, beras, jagung, telur, minyak, kangkung, ikan dan lain-lain yang ditawarkan oleh para pedagang.

Beberapa hari yang lalu saat hari masih pagi, saya dan istri sudah bersiap untuk berangkat pergi. Pakai jaket, bawa handsanitizer, pasang masker dan helm. Berdua naik motor melaju meliuk-liuk mengikuti  jalan aspal menuju ke bawah sejauh 5 km ke pasar Oesapa. Tidak jauh. Terlalu dekat. Kalau tidak percaya tanya orang Timor. 

Bahkan suatu tempat di puncak gunung asal masih bisa ditunjuk, akan dibilang," tidak jauh, su dekat". Pembaca tentu ingat dengan iklan air mineral jaman dahulu yang meneriakkan kegembiraan,"air su dekat".  Nah seperti itu. Tak pernah jemu kami bertemu pemandangan alam yang itu-itu juga. Indah alami tanpa dusta. Di antara desiran angin saya menangkap sayup-sayup musik khas NTT. Lagu yang berjudul Bae Sonde Bae (Baik Tidak Baik) ciptaan Simon Tokan disuka semua orang.

Besong jangan bilang tana Timor sonde bae.

Besong jangan bilang Flobamora sonde bae.

Bae sonde bae, bae sonde bae tana Timor lebe bae.

Bae sonde bae, bae sonde bae Flobamora lebe bae.

Bae sonde bae, bae sonde bae itu semua beta punya.

(Dok. rivorandyagrivo.blogspot.com)
(Dok. rivorandyagrivo.blogspot.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN