Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Agar Selamat dalam Kerumunan, Ini 5 Tips yang Perlu Diperhatikan

2 November 2022   05:03 Diperbarui: 6 November 2022   01:30 589
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sejumlah penonton yang hadir di hari kedua Berdendang Bergoyang pada Sabtu (29/10/2022). Mereka terlihat berdesakan saat berada di area Berdendang Stage yang berada di Hall Istora Senayan Jakarta. Foto: Kompas.com/Baharudin Al Farisi

Manajemen kerumunan? Ini istilah yang jarang terdengar, padahal sangat penting untuk dikelola dengan baik pada saat berlangsung suatu acara yang dihadiri oleh orang yang sangat banyak.

Tentu saja yang wajib mengelola adalah panitia dari suatu event yang berpotensi dihadiri orang banyak.

Bagaimana arus masuk dan arus keluar pengunjung, bagaimana agar tidak terjadi kerusuhan atau kecelakaan, sudah harus jelas prosedurnya.

Tapi, secara pribadi, bila kita sebagai salah seorang yang ikut dalam keramaian, perlu mengantisipasi terjadinya musibah dan melakukan langkah penyelematan diri sendiri.

Sebagai catatan, dalam lima minggu terakhir ini, paling tidak telah terjadi 3 peristiwa besar di dunia, akibat tumpukan massa yang tak terkendali.

Pertama, tragedi Kanjuruhan sehabis pertandingan sepak bola Arema FC versus Persebaya, yang memakan 135 orang korban tewas.

Kedua, tragedi Itaewon di Korea Selatan pada perayaan Halloween di sebuah jalan yang sempit. Jumlah korban tewas tercatat 154 orang.

Ketiga, tragedi jembatan gantung putus di India saat massa merayakan sebuah acara pesta budaya. Tragedi ini menewaskan 141 orang pengunjung. 

Terkhir, baru-baru ini di Jakarta pihak kepolisian terpaksa menghentikan konser musik dangdut, karena penonton melebihi kapasitas venue, dan sudah ada penonton yang pingsan.

Jadi, penting disadari, ketika jumlah orang banyak tidak sebanding dengan daya tampung tempat acara berkumpul, ada bahaya besar mengintai, dan bukan tidak mungkin akan menelan korban jiwa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun