Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Impian Iwan Bule Jadi Gubernur Terganjal Tragedi Kanjuruhan?

4 Oktober 2022   16:37 Diperbarui: 4 Oktober 2022   16:39 330 43 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule|dok. merdeka.com/istimewa

Jadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), apa sih untungnya? Apakah ada gajinya atau tunjangan yang diterima secara rutin? 

Ternyata, menurut Mochamad Iriawan yang lebih dikenal sebagai Iwan Bule, tak ada gaji yang diterimanya sebagai Ketua Umum PSSI saat ini.

"Enggak ada, ini kerja kami mengabdi kepada sepak bola," tutur Iwan Bule saat ditanya soal gaji di podcast milik Deddy Corbuzier (kilat.com, 17/6/2022).

Sayangnya, tidak didapat informasi lebih jauh tentang penerimaan yang bersifat insidentil dari PSSI. 

Contohnya, jika pengurus PSSI menghadiri suatu acara di luar daerah, biaya akomodasi dan transportasinya bisa jadi berasal dari kas PSSI.

Tapi, pada intinya PSSI tak bisa dijadikan sebagai tempat mencari nafkah bagi pengurus. Justru, para pegawai di kantor PSSI yang mengurus administrasi, berhak mendapat gaji.

Lalu, kalau begitu apa motivasi seseorang yang mau jadi pengurus PSSI? Apalagi untuk jadi ketua umum yang tampaknya menjadi "kursi panas".

Disebut kursi panas, karena rawan digoyang oleh pihak lain yang ingin menjatuhkan. Ingat, PSSI pernah mengalami dualisme kepemimpinan, antara PSSI versi Djohar Arifin dan versi La Nyalla Mattalitti.

Kemudian, bisa juga disebut kursi panas karena jika sang ketua umum dinilai gagal oleh warganet, akan menjadi sasaran komentar yang pedas di media sosial.

Namun, tentu sebaliknya bisa berdampak positif menaikkan citra diri, bila dinilai masyarakat sebagai ketua umum yang berhasil mengangkat prestasi sepak bola nasional.

Indokatornya gampang saja. Jika timnas Indonesia sering menang dalam laga internasional, terlebih lagi mampu menjadi juara dalam lingkup Asia Tenggara, maka nama sang ketua umum ikut harum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan