Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ceritakan Apa yang Memuaskan Anda dalam 2 Tahun Terakhir

20 September 2022   05:13 Diperbarui: 20 September 2022   05:50 272 66 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Infografis dok. katadata.co.id

Kebetulan, saya dulu pernah jadi assessor di perusahaan tempat saya bekerja. Tentu, saya mendapatkannya setelah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi.

Jadi, misalnya ada staf yang memenuhi kriteria tertentu yang akan dipromosikan, terlebih dahulu mengikuti beberapa tahap seleksi.

Pada tahap terakhir, dilakukan wawancara untuk menggali kompetensi, di mana 3 orang assessor  harus dihadapi seorang assessee (yang diwawancara). 

Jika kompetensi seorang staf dinilai sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi, maka assesseor memberikan rekomendasi untuk dipromosikan.

Wawancara kompetensi tersebut dimulai dengan penjelasan dari assessor terkait tujuan dan teknis wawancara yang akan dilakukan. 

Kemudian, sedikit basa-basi agar assessee tidak tegang sambil ia diminta memperkenalkan diri dan menceritakan perjalanan kariernya secara ringkas.

Nah, setelah itu selalu pertanyaan standarnya kira-kira seperti ini; "Coba ceritakan, dalam posisi Anda sebagai staf, apa pengalaman yang paling memuaskan Anda dalam 2 tahun terakhir ini."

Pertanyaan itu bukan lagi basa-basi, tapi menjadi hal penting dalam menggali apakah seseorang punya kompetensi yang telah terbukti membuahkan hasil.

Misalnya pertanyaannya berbunyi; "Apa yang akan Anda lakukan jika menjadi.......," hal ini dianggap belum bisa menggambarkan kompetensi.

Karena, sesuatu yang akan dilakukan, hanya semacam potensi. Belum tentu nantinya ketika dipromosikan, ia akan melakukan apa yang dikatakannya saat wawancara.

Tapi, jika seseorang diminta menceritakan apa yang memuaskannya, maksudnya menggiring pada apa prestasi yang telah diraihnya, atau apa pencapaian kinerjanya yang membanggakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan