Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Menjamurnya Jasa Laundry Kiloan, Konsumen Harus Jeli

5 Juli 2022   06:20 Diperbarui: 5 Juli 2022   07:11 493 67 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi jasa laundry|dok. KABAR.NEWS/Irvan Abdullah

Bagi Anda yang berminat untuk bewirausaha dan belum menemukan bisnis apa yang akan digeluti, usaha jasa laundry mungkin menjadi salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan.

Inilah bisnis yang secara sekilas terlihat gampang dijalankan, sekiranya punya dana untuk membeli beberapa buah mesin cuci dan punya tempat usaha dekat pemukiman yang ramai.

Tapi, tunggu dulu, coba Anda jalan-jalan di sekitar tempat yang akan Anda jadikan sebagai "markas" jasa laundry. Coba hitung, ada berapa buah usaha laundry kiloan yang sudah lebih dulu beroperasi.

Kemudian, lanjutkan survel kecil-kecilan Anda, dapatkan infromasi berapa harga per kilogram baju yang akan dicuci oleh masing-masing usaha jasa laundry.

Jangan kaget. Ternyata banyak yang memasang harga murah, terkadang kurang masuk akal. Misalnya Rp 6.000 per kilogram pakaian.

Nah, kalau Anda pintar membuka obrolan, coba beramah tamah dengan salah seorang pengelola jasa laundry. Perkenalkan diri Anda secara baik-baik.

Lalu, katakan bahwa Anda lagi berniat membuka usaha jasa laundry, tapi di suatu tempat yang jauh dari tempat Anda survei tersebut, sehingga tidak akan menyaingi orang yang lagi Anda ajak ngobrol.

Anda harus pintar memuji bahwa Anda melihat laundry-nya lebih bagus dari yang lain, dan ingin belajar dengan gaya yang rendah hati.

Biasanya, orang lain kalau disanjung, mau saja membeberkan rahasia suksesnya, tinggal Anda simak baik-baik dan menemukan jawaban dari mana keuntungan diperoleh bila memasang harga murah meriah. 

Padahal, ada biaya listrik untuk mencuci dan menyetrika, harga deterjen yang semakin mahal, ada pewangi pakaian, dan ada gaji asisten paling tidak 2 orang.

Belum lagi sewa toko, misalnya tempat tersebut disewa. Mungkin masih ada lagi biaya lainnya yang Anda belum tahu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan