Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Timnas Futsal Indonesia Tak Terkalahkan di SEA Games 2022

26 Mei 2022   05:13 Diperbarui: 26 Mei 2022   05:18 470 41 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selebrasi timnas futsal Indonesia sehabis mencetak gol|dok. Laman resmi SEA Games 2021, dimuat okezone.com

Kita boleh saja berduka karena timnas sepak bola Indonesia hanya mendapatkan medali perunggu pada SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam pada Mei 2022 ini.

Tapi, dari cabang olahraga yang masih merupakan "adik kandung" dari sepak bola, yakni futsal, kita bisa agak berbangga diri.

Meskipun hanya meraih medali perak, namun selama bertanding di SEA Games Vietnam, timnas futal Indonesia tak pernah kalah. 

Ironisnya, pihak yang berwenang untuk menentukan cabang olahraga apa saja yang bisa mewakili Indonesia di SEA Games 2021, awalnya sudah memutuskan untuk mencoret keikutsertaan futsal.

Alasannya, futsal dianggap tidak berpotensi meraih medali. Untunglah, pada Kejuaraan Futsal AFF 2022 satu bulan sebelum SEA Games yang diadakan di Bangkok, Thailand, timnas futsal berhasil menjadi finalis.

Hasil pada kejuaraan AFF tersebut lah yang akhirnya mengubah keputusan, sehingga timnas futsal bisa berangkat ke Vietnam untuk mengikuti SEA Games.

Di SEA Games tersebut, futsal hanya diikuti oleh 5 negara. Makanya, tidak diberlakukan pembagian grup. Semua tim saling bertemu dan peraih nilai tertinggi mendapat medali emas.

Pada laga pertama, Indonesia ditahan Vietnam dengan skor 1-1 (11/5/2022). Kemudian, Indonesia mencukur Myanmar 6-0 (14/5/2022), melibas Malaysia 3-0 (16/5/2022), dan terkahir ditahan imbang Thailand 1-1 (18/5/2022).

Thailand berhasil meraih nilai tertinggi dan berhak atas medali emas karena pada pertandingan terakhir mampu mengalahkan tuan rumah Vietnam dengan skor 2-0.

Dengan keberhasilan di SEA Games, ranking timnas futsal Indonesia langsung meroket. Sebelumnya, Indonesia berada pada ranking 10 Asia dan 48 dunia, sekarang menjadi ranking 7 Asia dan 39 dunia.

Jelas, dibandingkan ranking FIFA timnas sepak bola kita yang masih di atas 150, timnas futsal jauh lebih baik. Memang, tingkat kesulitan serta tingkat persaingan dalam sepak bola mungkin lebih berat ketimbang futsal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan