Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Berkeliling Cibinong, Ibukota Kabupaten Bogor

13 Oktober 2018   20:39 Diperbarui: 13 Oktober 2018   20:46 0 10 4 Mohon Tunggu...
Berkeliling Cibinong, Ibukota Kabupaten Bogor
Kantor Bupati Bogor di Cibinong (dok kabarindoraya,com)

Melakukan perjalanan tak harus ke tempat yang jauh. Bagi warga ibukota Jakarta dan sekitarnya, diduga masih banyak yang belum mengenal seluk beluk daerah yang amat luas ini. 

Jabodetabek itu terdiri dari 3 provinsi, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Tahukah anda, ada berapa kabupaten/kota di Jabodetabek? Banyak banget lho, ada 14.

Di DKI Jakarta sendiri ada 5 kota dan 1 kabupaten (Jakpus, Jakut, Jakbar, Jaktim, Jaksel, dan Kabupaten Kepulauan Seribu). Yang masuk Jawa Barat ada 2 kabupaten (Bogor dan Bekasi) serta 3 kota (Bogor, Bekasi, dan Depok). Berikutnya yang masuk Banten ada 2 kota (Tangerang dan Tangerang Selatan) serta Kabupaten Tangerang.

Jangan heran, bila banyak orang Jakarta Utara tahunya hanya kampung-kampung di sekitar itu saja plus tempat di sekitar mereka bekerja atau sekolah/kuliah bila itu berada di luar Jakarta Utara. Demikian pula warga belahan Jakarta yang lain.

Maka agar warga Jabodetabek lebih mengenal daerahnya, ada baiknya di hari libur, bila tidak ada kegiatan khusus, cobalah berkeliling ke kawasan yang selama ini jarang dilewati. 

Salah satu pilihan adalah dengan berjalan-jalan ke Cibinong. Sejak Cibinong menjadi ibukota kabupaten Bogor, karena Bupati Bogor berkantor di kota ini, Cibinong berkembang relatif pesat.

Stadion Pakansari Cibinong (dok pribadi)
Stadion Pakansari Cibinong (dok pribadi)
Soalnya, yang dibangun tentu tidak kantor bupati saja, tapi semua kantor untuk level kabupaten, juga dibangun di Cibinong, seperti pengadilan negeri, kejaksaan negeri, polres, dan berbagai instansi lainnya.

Seiring dengan banyaknya perkantoran, maka menjamur pula pembangunan perumahan dan pertokoan. Bahkan beberapa mal yang tak kalah bagus dengan mal di Jakarta juga sudah hadir di Cibinong.

Gerbang masuk kawasan perkantoran (dok pribadi)
Gerbang masuk kawasan perkantoran (dok pribadi)
Kualitas infrastruktur di Cibinong relatif baik. Jalan utama di komplek perkantoran lumayan lebar dan asri karena dihiasi hijaunya pepohonan. Jadi, berjalan-jalan melewati kawasan ini terasa nyaman.

Ada gerbang yang cukup unik sebagai pertanda memasuki kawasan yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bogor tersebut. Sayangnya spot untuk berfoto dengan latar belakang gerbang tersebut tidak tersedia.

Jalan utama yang hijau (dok pribadi)
Jalan utama yang hijau (dok pribadi)
Kepopuleran kota Cibinong semakin meningkat setelah kehadiran sebuah stadion yang bagus, Stadion Pakansari. Stadion yang bertaraf internasional ini saat Asian Games yang lalu, di samping digunakan untuk pertandingan sepak bola di babak penyisihan grup, mendapat kehormatan karena terpilih menjadi tempat berlangsungnya pertandingan final sepak bola, yang mempertemukan Korea Selatan dan Jepang.

Timnas Indonesia juga sering mengadakan pertandingan uji coba di Stadion Pakansari. Di samping itu beberapa klub yang berkompetisi di Liga 1 pernah menggunakannya sebagai homebase untuk beberapa pertandingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x