Mohon tunggu...
Irwan Maulana
Irwan Maulana Mohon Tunggu... Guru - KKN TEMATIK UPI PURWAKARTA

Mahasiswa Upi Kamda Purwakarta Irwan Maulana K(1806561) Pendidikan Sistem Dan Teknologi Informasi'18

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik UPI: Penyusunan Administrasi Sekolah untuk Guru dalam Mempersiapkan Pembelajaran Jarak Jauh Di SMAN 1 Cipeundeuy

26 Agustus 2021   08:11 Diperbarui: 27 Agustus 2021   09:52 148 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi Covid-19 khususnya di Indonesia sudah berjalan lebih dari 1 tahun. Sejak pertama kali ditemukannya kasus Covid-19 di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, hingga saat ini kasus terkonfirmasi sudah lebih dari 3 juta orang.

Bahkan kematian akibat virus ini menembus angka 60 ribu orang lebih. Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi pandemic ini. 

Namun sampai saat ini angka kasus Covid-19 masih naik turun dan belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir. Beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menekan angka kasus positif adalah dengan memberlakukan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, lalu menerapkan 3M (Menjaga Jarak aman minimal 2 meter, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan), ada juga dalam bidang Pendidikan seluruhnya dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Semua kebijakan ini semata-mata untuk menekan angka kasus positif Covid-19.

Dalam bidang Pendidikan sendiri, hal ini ada dampak positif dan negatifnya. Namun memang lebih banyak negatifnya salah satunya banyak kendala mengenai penyusunan administrasi sekolah untuk guru dalam mempersiapkan pembelajaran jarak jauh. 

  Contohnya seperti dalam penyusunan RPP yang banyak mengalami perubahan karena menyesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh.

Oleh karena itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) mengadakan Kuliah Kerja Nyata Tematik 2021 (KKN Tematik UPI 2021) yang dilaksanakan secara daring. 

KKN Tematik 2021 ini memiliki tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM)" Mahasiswa dapat memilih salah satu dari 2 bidang tersebut untuk melaksanakan KKN. Disini saya memilih bidang Pendidikan.

Dalam pembelajaran jarak jauh saat ini, khususnya yang terdapat di SMAN 1 Cipeundeuy Desa Wantilan sebagai tempat saya melaksanakan KKN, terdapat kendala dari guru dalam mempersiapkan pembelajaran jarak jauh. 

Yaitu dalam penyusunan RPP dan Silabus sebagai patokan dan acuan dalam pembelajaran. Terdapat perbedaan yang sangat banyak antara saat normal dan saat pandemi seperti ini.

Untuk itu dalam pelaksanaan KKN di SMAN 1 Cipeundeuy ini kami dari Mahasiswa UPI membantu sekolah khususnya guru dalam penyusunan administrasi sekolah demi berjalannya pembelajaran jarak jauh yang maksimal. 

Kami membuat administrasi sekolah seperti RPP dan Silabus sesuai pembagian guru dan kelas nya masing-masing selain mempersiapkan juga media pembelajaran untuk guru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan