Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Life is a turning wheel

Freelance Editor Kepustakaan Populer Gramedia - Eks Redaktur Tabloid BOLA - Eks Redaktur Pelaksana Tabloid Gaya Hidup Sehat - Eks Redaktur Pelaksana Majalah BOLAVAGANZA

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Delapan Destinasi Wisata Keren di Planet Mars

12 November 2022   07:08 Diperbarui: 12 November 2022   17:24 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Planet Mars yang dihuni oleh banyak obyek yang bisa dijadikan tempat wisata. (Sumber: Starry Night software via Space.com)

Ini masih berandai-andai, walau destinasinya sudah ada di Planet Mars sana. Wisata ke Planet Mars, mungkiiiin, akan terjadi beberapa puluh tahun lagi. Mungkin SpaceX milik Elon Musk atau Virgin Galactic milik Sir Richard Branson bisa menjadi wahana yang akan membawa para turis ke Mars. Atau mungkin juga akan ada banyak perusahaan lain.

Syaratnya sih Planet Mars sudah didandani, tidak lagi berupa planet kosong yang tampak kering (dari kejauhan). Sudah pula dibangun fasilitas akomodasi, macam hotel, motel, kantor untuk Biro Pariwisata Mars. Dan, yang terpenting adalah landing pad yang rata dan stabil di tempat pendaratan utama, sehingga pesawat luar angkasa dari Bumi bisa mendarat dengan mulus.

Pendeknya, Planet Mars akan menjadi destinasi wisata keren, meski saat ini agaknya hanya destinasi geologi yang baru bisa ditawarkan. Sebab, lokasi yang sudah ada saat ini lebih banyak berupa pegunungan, ngarai, kepundan. Sudah begitu, semuanya kontras; Gunung-gunung yang maha tinggi, ngarai yang maha dalam.

Mungkin juga akan ada banyak bandara berukuran kecil di dekat masing-masing obyek wisata, di mana pesawat-pesawat luar angkasa akan mengantar turis angkasa ke tujuan pilihan.

Adakah yang mau menjadi turis masa depan dengan destinasi Planet Mars? Mengapa tidak? Eh iya, berikut ini, sesuai judul, ada penjelasan pendek tentang delapan destinasi wisata itu.

Olympus Mons

Barangkali ini destinasi yang paling beken di Mars. Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrim di sistem Tata Surya, terletak di region Tharsis. Sangat tinggi, namun juga sangat landai. Kontras sekali. NASA menyebut gunung ini mudah didaki. Mons adalah bahasa Latin untuk mount atau gunung.

Tingginya 25 km, nyaris tiga kali tinggi Gunung Everest yang punya tinggi 8,9 km.

Gunung ini bentuknya seperti perisai, landai. Istilahnya shield volcano. Dan, karena ukurannya sangat besar, maka istilah lengkapnya adalah gigantic shield volcano.

Di puncak gunung ada semacam kawah dengan lebar 85 km, terbentuk dari kubah magma yang  kehilangan lava (mungkin terjadi saat letusan) dan runtuh.

Olympus Mons (NASA/MOLA Science Team/ O. de Goursac, Adrian Lark via Space.com)
Olympus Mons (NASA/MOLA Science Team/ O. de Goursac, Adrian Lark via Space.com)

Gunung-gunung berapi Tharsis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun