Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Whenever, Whoever, Whatever

Lebih dari 20 tahun bekerja di Tabloid BOLA. Kini menjadi manusia "sipil", menulis tetap menjadi kesukaan dan tentu saja senantiasa menjadi penikmat sepak bola.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Cristiano Ronaldo, Si Raja Instagram

29 Agustus 2021   23:02 Diperbarui: 30 Agustus 2021   21:27 197 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cristiano Ronaldo, Si Raja Instagram
Cristiano Ronaldo, di media sosial pun ia berjaya. (Sumber: IWM Buzz Online)

Cristiano Ronaldo kembali ke klub yang membesarkan namanya, Manchester United, pada 27 Agustus 2021. Harganya tidak mahal, hanya 25 juta euro untuk kontrak selama dua tahun. Nilainya kurang lebih 423,8 miliar rupiah.

Harga itu kurang dari seperlima uang transfer dibanding ketika ia pindah dari Real Madrid ke Juventus, 117 juta euro, pada Juli 2018. Dan, hanya sedikit lebih mahal dibanding ketika Ronaldo pindah dari Sporting ke Manchester United, 19 juta euro, pada Agustus 2003.

Ronaldo kini jelas berbeda dengan Ronaldo ketika meninggalkan United pada Juli 2009. Ronaldo 36 tahun bukan tandingan Ronaldo 24 tahun. Ronaldo 36 tahun adalah salah satu pesepak bola terkaya di dunia.

Pundi-pundi uang Ronaldo bertambah secara masif dari hasil yang didapatnya di media sosial. Kita tengok akun Instagram Ronaldo saja, ya.

Per 29 Agustus 2021, Ronaldo memiliki follower di Instagram sebanyak 335 juta. Angka itu lebih banyak dibanding gabungan pengikut empat klub sepanjang kariernya.

Pertama, Sporting Lisbon. Klub Portugal itu saat ini hanya punya 1,1 juta follower. Lalu, United 45,8 juta, Real Madrid 103 juta, dan Juventus 51 juta. Jika pengikut keempat klub itu digabung, hasilnya hanya 200,9 juta.

Konten Instagram Ronaldo pun bukan konten sembarangan. Menurut Instagram Rich List keluaran firma analis media sosial asal Inggris, Hopper, yang dimuat di situs resmi mereka, Ronaldo adalah juara di daftar itu untuk 2021. Termahal sejagat.

Kalau ada produsen yang ingin produknya di-posting Ronaldo untuk dilihat oleh 335 juta followernya di akun beralamat @cristiano, maka si produsen harus mengeluarkan duit 1,6 juta dolar AS. Per posting.

Artinya, Ronaldo mendapat 1,6 juta dolar, atau hampir 1,4 juta euro, untuk setiap posting berbayar yang dibuatnya. Ronaldo mengungguli aktor Dwayne "The Rock" Johnson, yang ada di tempat kedua, dengan 1,523 juta dolar per posting berbayar di Instagram.

Saat ini, Ronaldo sudah membuat posting sebanyak 3.127 kali. Agaknya, tidak semua posting itu berbayar, kan ya? Katakanlah hanya 25 persen kontennya yang berbayar, jadi ada sekitar 800 konten. Ini hanya asumsi, ya. Saya tidak tahu berapa banyak konten berbayar di akun Instagram pemain kelahiran 5 Februari 1985 itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan