Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Whenever, Whoever, Whatever

Lebih dari 20 tahun bekerja di Tabloid BOLA. Kini menjadi manusia "sipil", menulis tetap menjadi kesukaan dan tentu saja senantiasa menjadi penikmat sepak bola.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Menjaga Lansia agar Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19

26 Juli 2021   19:34 Diperbarui: 28 Juli 2021   01:23 432 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjaga Lansia agar Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19
Lansia harus dijaga agar tetap sehat selama pandemi Covid-19. (Sumber: jcomp/freepik)

Ikhtiar untuk tetap sehat selama pandemi Covid-19 dilakukan dapat dengan banyak cara. Salah satunya dengan menaati protokol kesehatan 3M.

Kedengarannya mudah, apalagi untuk mereka yang masih berada dalam usia muda. Akan tetapi, untuk mereka yang sudah masuk kategori lanjut usia atau lansia, atau mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas, sebagian besar akan butuh bantuan.

Kebanyakan lansia mengandalkan bantuan untuk kehidupan sehari-hari, entah itu dari anaknya atau perawat yang ditugaskan untuk menjaga dan merawatnya.

Dalam keadaan normal, artinya tidak ada pandemi, menjaga lansia relatif lebih mudah. Namun, tidak demikian ketika ada pandemi seperti saat ini.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika merawat dan menjaga lansia, supaya mereka tetap sehat, tidak terpapar virus Covid-19.

  • Vaksinasi

Cara pertama untuk menjaga diri dari pandemi adalah vaksinasi Covid-19. Lansia menjadi kelompok pertama yang menerima vaksinasi tersebut. Akan tetapi, ada sederet syarat yang menentukan apakah seorang lansia bisa mendapat vaksinasi Covid-19.

Menurut sebuah artikel dari Kompas Online berjudul โ€œApa Saja Syarat Lansia yang Bisa Mendapatkan Vaksin Covid-19โ€, yang diterbitkan pada 25 Februari 2021, ada beberapa pertanyaan tambahan yang harus dijawab.

Pertanyaan tersebut adalah:

* Apakah mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga.

* Apakah mempunyai lima dari 11 penyakit kronis dan komorbid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x