Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Bediende Kucing-kucing

Lebih dari 20 tahun bekerja di Tabloid BOLA. Kini menjadi manusia "sipil", menulis tetap menjadi kesukaan dan tentu saja senantiasa menjadi penikmat sepak bola.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Seratus Persen Puskas Arena

16 Juni 2021   20:50 Diperbarui: 24 Juni 2021   09:43 375 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seratus Persen Puskas Arena
Puskas Arena hampir penuh ketika Hungaria menghadapi Portugal (Kredit foto: Sportsmetro)

Bukan, bukan hasil 100 persen menang yang diraih oleh Hungaria saat menghadapi Portugal di Puskas Arena, 15 Juni 2021. Sebab, pada saat itu, Hungaria 100 persen kalah, dibantai 0-3 oleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Puskas Arena adalah stadion markas tim nasional Hungaria yang berlokasi di Budapest. Dan, berbeda dengan 10 stadion di 10 negara tuan rumah lainnya pada gelaran Euro 2020, Hungaria siap untuk membuka stadion tersebut dengan kapasitas penuh alias 100 persen. Kapasitas stadion itu adalah 67.215 tempat duduk. Berarti setidaknya akan ada 67 ribu pasang mata yang mengisi stadion.

Sementara, stadion-stadion tuan rumah lainnya paling banyak hanya diisi 50 persen dari kapasitas total.

Lalu, mengapa Hungaria memutuskan untuk melakukan hal itu?

Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, sangat ingin memamerkan negaranya di panggung sepak bola internasional. Selain itu, Orban juga mendorong agar Stadion Puskas Arena bisa penuh diisi penonton.

Setelah lebih dari satu musim kita terbiasa menyaksikan pertandingan liga-liga Eropa dengan stadion kosong tanpa makhluk hidup di penjuru tribun, tiba-tiba ada puluhan ribu penonton yang memenuhi stadion. Meski hanya 25 persen dari kapasitas total, toh stadion itu terlihat sangat riuh.

Ngeri juga melihat penonton sedemikian banyak di stadion, sebagian besar bergerombol; ada yang memakai masker wajah, sebagian besar "lupa" pakai masker.

Tentu saja Orban tidak gegabah menerima penonton begitu saja untuk memasuki stadion, apalagi pandemi Covid-19 jauh dari kelar.

"Siapa pun yang terdaftar untuk menyaksikan pertandingan di stadion harus sudah divaksin. Dengan kartu vaksinasi yang dimiliki, maka mereka akan punya kesempatan untuk menyaksikan pertandingan di stadion," kata Orban, seperti dikutip dari AP.

Stadion Puskas Arena, yang dibuka pada 2019, akan menjadi tempat untuk dua partai yang dilakukan oleh Hungaria; versus Portugal dan Prancis. Selain itu, stadion itu juga akan menjadi tuan rumah untuk laga Prancis melawan Portugal dan satu lagi untuk laga babak 16 Besar.

Sejak diresmikan, stadion itu lebih sering dalam keadaan kosong gara-gara pandemi Covid-19. Jadi, dengan adanya Euro 2020 ini, di mana Hungaria lolos lagi setelah Euro 2016, Hungaria dan penduduknya tidak mau buang waktu dengan tidak mengisi stadion dengan kapasitas penuh. Jarang-jarang Hungaria menjadi tuan rumah sebuah turnamen internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN