Mohon tunggu...
Irsyad Musyaffa Gumilar
Irsyad Musyaffa Gumilar Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Maulana Malik Ibrahim

UIN Maulana Malik Ibrahim

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pentingnya Penyesuaian Diri (Perilaku Individu dan Kelompok) dalam Bekerja-PIO

29 September 2021   07:08 Diperbarui: 29 September 2021   07:20 126 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Penyesuaian Diri (Perilaku Individu dan Kelompok) dalam Bekerja-PIO
(Sumber: Pixabay)

Apa sih pentingnya perilaku individu dan kelompok dalam sebuah pekerjaan? Mengapa perilaku individu dan kelompok bisa mempengaruhi pekerjaan? Apa yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan bersama dalam pekerjaan?

Kita akan menemukan jawaban dari pertanyaan itu dalam Psikologi Industri & Organisasi.

Perilaku itu sebuah tindakan manusia dalam merespons rangsangan yang dihadapinya, seperti merespons dengan gerakan fisik (seperti mendongakkan bahu), merespons dengan perkataan, merespons dengan berubahnya suasana hati hingga perubahan emosi.

Manusia berbeda-beda dalam merespons rangsangan (perilaku), itu karena pada dasarnya manusia diciptakan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Manusia diciptakan dengan berbagai kondisi fisik, ras, dan yang lainnya. Oleh karenanya sangat wajar apabila perilaku manusia sangat beragam.

Kepribadian manusia itu beragam, ada yang gampang sedih ataupun sebaliknya gampang senang, ada yang pede, pemalu, tidak basa-basi, dan lain sebagainya.

Perilaku kelompok.

Manusia memiliki perilaku yang sangat beragam dan berbeda-beda, namun manusia membutuhkan kelompok untuk mencapai tujuan. Kelompok itu akan terbentuk bila dua orang atau lebih yang memiliki perilaku berbeda-beda tapi punya tujuan yang sama. Karena merasa lebih mudah jika manusia dengan kepribadian yang berbeda-beda itu bergabung dalam suatu kelompok dan menjalankan tujuannya daripada berjalan sendirian.

Dalam kegiatan berkelompok itu pasti ada yang bertentangan dengan kelompok itu sendiri seperti mungkin perbedaan pendapat, perbedaan dalam menyikapi suatu masalah dan lain sebagainya, yang mana sebuah hal yang sangat wajar dalam berkelompok.

Dan pada akhirnya manusia akan menyesuaikan diri dengan mengubah perilaku dan kepribadiannya. Kita semua tahu bahwa lingkungan bisa mengubah sikap dan perilaku manusia, sama halnya dengan kelompok. Dengan begitu manusia akan lebih diterima dikelompok dan bisa mencapai suatu tujuan bersama.

Hubungan dengan pekerjaan.

Manusia memiliki perilaku dan sikap yang berbeda-beda dalam hal apa pun termasuk bekerja dan manusia akan membutuhkan kelompok bisa dalam hal pekerjaan dimana untuk mencapai tujuannya secara bersama, karena itu manusia harus bisa menyesuaikan diri. Dengan menyesuaikan diri dalam sebuah pekerjaan dan kelompok kerja, manusia bisa mencapai tujuan bersama dengan optimal dan efisien.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan