Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker

A Pharmacist who love reading, traveling, photography, movies and share them into a write | Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Mengolah Sendiri Obat Bahan Alam untuk Imunitas

4 Juli 2020   07:00 Diperbarui: 4 Juli 2020   08:05 1225 19 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengolah Sendiri Obat Bahan Alam untuk Imunitas
Mengolah sendiri bahan alam untuk obat dan menjaga imunitas| Ilustrasi: pixabay.com

Jika melihat situasi dan kondisi belakangan ini, entah kenapa suka muncul pikiran random di benak saya. Terutama ketika melihat suasana di tempat umum seperti stasiun, minimarket, angkutan umum, jalan tol, restoran dan lainnya. 

Terlepas dari dampak negatif yang dibuatnya, terkadang saya suka merasa amaze bagaimana Pandemi Covid-19 ini mampu memaksa masyarakat untuk mengubah gaya hidup dan rutinitasnya.

Salah satu yang paling terlihat mencolok adalah 'memaksa' orang-orang untuk berperilaku hidup bersih (sanitasi diri). Mulai dari sering-sering mencuci tangan, menggunakan masker atau face shield, hingga menjaga jarak aman demi menghindari terpapar droplet yang merupakan cara utama penularan Covid-19. 

Berbagai aturan kebiasaan yang baru atau dikenal dengan istilah New Normal memang terkadang membuat seseorang lebih repot, meski tujuannya baik.

Usai masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dilonggarkan, masyarakat yang tadinya cuma bisa berdiam di rumah, kini berangsur-angsur mulai bisa beraktivitas seperti biasa, namun tetap harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan

Selain itu, satu hal yang pasti adalah masyarakat kini mulai concern dalam hal menjaga sistem kekebalan tubuhnya (imunitas) dengan baik. Tujuannya tak lain supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menjaga imunitas dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai makan teratur dengan gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik secara rutin (olahraga), tidur yang cukup dan berkualitas, hingga mengkonsumsi Suplemen Kesehatan baik yang berbahan aktif alami maupun sintesis. Tapi kalau diperhatikan sih, masyarakat kini lebih memilih bahan-bahan yang organik maupun alami.

Sekilas Tentang Imunitas

Saya rasa sudah banyak yang tahu apa itu imunitas. Tapi mungkin masih ada yang belum paham betul bagaimana sistem imunitas bekerja dalam tubuh seseorang. Jadi saya akan coba jabarkan secara singkat dan sederhana saja ya.

Sistem kekebalan tubuh dibagi menjadi dua yaitu Sistem Kekebalan Alami/Bawaan (Innate Immune) dan Kekebalan Adaptif (Adaptive Immune).

Sistem Kekebalan Bawaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x