Mohon tunggu...
Irma Sustika
Irma Sustika Mohon Tunggu... profesional -

Soft skill trainer- Sales Coach, Pembina & Konsultant UKM - Owner ISF Consulting. - Founder Womanpreneur Community - penerima ISMBEA 2013

Selanjutnya

Tutup

Money

Berkompetisi dengan Perusahaan Besar? Siapa Takut

23 Maret 2014   07:44 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:36 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pertanyaan yang paling umum dari sahabat sahabat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan juga pelaku home industri  adalah : “Bagaimana saya bisa bersaing dengan kompetitor besar?.mereka kan punya permodalan yang kuat, akses mereka lebih kuat,peralatan mereka canggih dsb dsb dsb

Benar memang, perusahaan perusahaan besar tersebut memiliki semuanya mereka punya modal kuat, tapi jangan lupa ..mereka seringkali tidak memiliki fleksibilitas dalam mengembangkan bisnis.

Usaha kecil dan menengah (UKM) juga usaha rumahan memiliki keunggulan dibanding dengan bisnis besar, yaitu  FLEKSIIBILITAS,Kemampuan untuk merespon dengan cepat, mampu memberikan layanan yang lebih personal…Gunakan itu sbg kekuatan mengembangkan bisnis anda..

Banyak orang memulai usahanya dengan baik, memiliki sumber daya dan modal yang cukup, tetapi kemudian bangkrut atau gulung tikar .

Sementara tidak sedikit usaha yang goyah di awal, namun dengan perencanaan, ketekunan dan berhati-hati akan berhasil pada akhirnya.

Apakah bisnis Anda berkembang, atau akan bergabung dengan ribuan orang lain yang telah goyah sepanjang perjalanan usahanya? pilih mana hayooo…..

Bagaimana mempersiapkannya???

1.Fokus pada salah satu bidang. Untuk usaha kecil dan menengah, yang terbaik adalah fokus pada salah satu bidang atau jenis spesifik.tidak mungkin untuk menjadi baik dalam segala hal. Dengan berkonsentrasi pada ceruk pasar yang cukup sempit, kita mungkin dapat menghindari tabrakan dengan pesaing yang lebih besar.

‎2.Jadikan  produk Anda berbeda. Menjelaskan manfaat produk dan jasa Anda kepada pelanggan Anda, menyoroti solusi yang unik yang menawarkan untuk masalah mereka. Hindari menjadi peniru; jarang peniru berhasil di pasar.

3.FLEKSIIBILITAS,kemampuan untuk merespon dengan cepat, mampu memberikan layanan yang lebih personal…Gunakan itu sbg kekuatan mengembangkan bisnis anda

Nah siapkan walau berbagai jenis produk sejenis bertebaran, jadikan kita dan produk kita berbeda

Salam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun