Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Dari Monopoli hingga Tadarus, Berikut 4 Aktivitas Seru #Dirumahaja saat Ramadhan

27 April 2021   22:37 Diperbarui: 27 April 2021   22:45 220 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Monopoli hingga Tadarus, Berikut 4 Aktivitas Seru #Dirumahaja saat Ramadhan
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Ramadhan kali ini masih sama dengan ramadhan di tahun lalu. Masih dalam suasana pandemi dengan ancaman gelombang kedua dari virus covid-19. Pemerintah pun masih melarang mudik dan mengajak masyarakat untuk #dirumahaja. 

Ajakan untuk tetap di rumah saja tentu menuai pro dan kontra di masyarakat. Ada yang kesal karena terpaksa berteman dengan kebosanan di bulan ramadhan. Ada juga yang setuju mengingat varian baru covid-19. Ada yang sedih karena lagi dan lagi tak bisa mudik ke kampung halaman. 

Meskipun ada baiknya bersyukur jika masih diberikan kesempatan untuk bekerja dan beribadah di rumah. Bersyukur jika masih bisa tarawih di mesjid dengan protokol kesehatan yang ketat. Di luar sana, banyak orang tidak bisa leluasa di rumah saja karena alasan pekerjaan dan tanggung jawab, contohnya adalah tenaga medis yang masih berjibaku sebagai garda terdepan. 

Di ramadhan ini aktivitas apa sih yang dapat dilakukan agar puasa terasa lebih bermakna? 

1. Bermain monopoli

Bermain monopoli dapat dilakukan saat di rumah saja. Monopoli sendiri menurut Wikipedia adalah permainan papan paling terkenal di seluruh dunia. Permainan ini sudah ada sejak tahun 1904. 

Sistem permainan monopoli adalah seseorang diharuskan membeli tanah yang banyak, dan jika ada orang yang mampir di tanah tersebut maka ia harus membayar sewa. Pemenang dari permainan ini adalah mereka yang memiliki banyak tanah dan uang yang tersisa. Bermain monopoli sendiri biasanya sering dimainkan saat ngabuburit atau pagi hari setelah sholat subuh. 

2. Mencoba resep masakan baru. 

Dulu ketika saya masih SD, saya ingat betul ibu harus pergi ke rumah cicek (kakak ibu) untuk meminta resep masakan. Di era digital seperti sekarang, resep masakan didapat dari mana saja. Tak hanya tulisan resep masakan juga didapat melalui video di youtube atau aplikasi memasak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN