Mohon tunggu...
Irham Joe
Irham Joe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Pernah menulis buku Merdeka dari Fobia.

Selanjutnya

Tutup

Book

Tak Ada yang Terjadi Sebelum Ada yang Terjual

4 Desember 2022   04:35 Diperbarui: 4 Desember 2022   04:39 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh olia danilevich dari Pexels.com

Bos-nya Bos adalah konsumen. Itu pasti. Tidak terbantahkan. No debat.

Orang yang membayar gaji Anda adalah konsumen. Perusahaan hanya mengurus keuangan. Maka, memberi layanan yang memuaskan kepada konsumen adalah kewajiban Anda.

Bos saya adalah Anda. Bosnya penulis adalah pembaca. Jadi, jika tidak ada seorang pun yang membaca tulisan saya. Tidak ada seorang pembaca pun yang peduli dengan tulisan saya. Tidak ada satu pembaca pun yang memberi apresiasi. Minimal komentar. Lambat laun, "pekerjaan menulis" yang saya lakukan akan "tutup".

Tidak mengherankan jika ada pelayan restoran, pelayan toko, pelayan swalayan yang melayani konsumen secara tidak baik, tidak ramah dan tidak memuaskan. Tau-tau tokonya tutup. Kalau pun tidak tutup dan tokonya masih ada. Orang akan ogah kembali lagi.

Meskipun di balik pelayanan yang tidak memuaskan tersebut, dibalik sikap cuek mereka. Di balik keogah-ogahan mereka. Di balik raut muka yang menyiratkan sebel, jengkel dan mangkel. Ada gaji upah yang tidak seberapa. Ada upah yang kadang diundur. Ada upah yang kadang dipotong. Ada urusan perasaan yang belum selesai. Apapun alasannya, sama sekali tidak bisa diterima. Jika kita mengikuti apa yang dikatakan Larry Winget. Semua orang di perusahaan harus memberikan pelayanan memuaskan kepada konsumen. No debat. Harus.

6760fa47a84cd1a0e7140f91e011441f-638bb9c108a8b55bfd5f27f3.jpeg
6760fa47a84cd1a0e7140f91e011441f-638bb9c108a8b55bfd5f27f3.jpeg
It’s  Called Work for a Reason!

Ini disebut bekerja karena sebuah alasan.

Penulisnya bernama Larry Winget. Kepala plontos, badan kekar, tampang sangar. Isi bukunya lebih sangar. Cara Larry bercerita ceplas ceplos, blak-blakan, tanpa basa basi.

Sebagian besar bukunya berisi cerita keluhan. Bagaimana ia mengeluh kepada pelayanan yang buruk. Termasuk kinerja pekerja yang buruk. Ia berpendapat, jika Anda memakai fasilitas sekecil apapun dari perusahaan. Anda sedang mencuri dari perusahaan.

Bekerja adalah bekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun